Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Lapar, Ternyata Bikin Orang Mudah Marah

Lapar, Ternyata Bikin Orang Mudah Marah

TerasJatim.com – Tak jarang, kita sering melihat seseorang yang mudah emosi saat sedang lapar. Ternyata ada penyebabnya mengapa saat orang yang perutnya kosong jadi mudah tersulut emosinya lalu marah-marah tanpa sebab.

Dalam sebuah penelitian, diungkapkan bahwa lapar memang memengaruhi mood seseorang. Hal itu karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol serta adrenalin saat perut kosong. Kedua hormon itu memicu stres, sehingga emosi jadi lebih intens.

Apalagi jika situasi yang dihadapinya mendukung untuk tersulutnya emosi tersebut, misalnya situasi negatif. Tubuh sendiri merespon lapar sebagai suatu keadaan tidak menyenangkan. Karena itu pikiran dipacu untuk segera memenuhi kebutuhan makanan, agar rasa tak nyaman itu hilang.

Emosi yang timbul saat seseorang sedang lapar, membuat orang cenderung menyalahkan orang lain yang ada di sekitar sebagai biang kerok rasa lapar yang  dialaminya. Padahal belum tentu itu salah mereka, lho.

Malah hal itu bisa jadi adalah salah Anda sendiri, mengapa tidak makan atau membawa makanan dan camilan agar perut tidak kelaparan. Jangan menyalahkan orang lain atas hal yang sepele, apalagi hanya karena lapar.

Nah, agar hungry (lapar) tidak berubah jadi angry (marah), Anda sebagai orang dewasa bertanggung jawab pada diri sendiri. Siapkan makanan aau camilan untuk mencegah situasi bertambah parah. Apalagi orang di sekitar Anda tak tahu menahu mengenai kondisi perut Anda. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim