Kapolda Jatim Pimpin Gelar Pengamanan Suro Agung di Alun-Alun Kota Madiun

Kapolda Jatim Pimpin Gelar Pengamanan Suro Agung di Alun-Alun Kota Madiun

TerasJatim.com, Madiun – Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin memimpin gelar pasukan pengamanan dalam rangka Suro Agung, di alun-alun Kota Madiun, Senin (18/09).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jatim, diantaranya Irwasda, Direskrimum, Karoops, Dirsabhara, Kabid Propam dan Kapolres serta Kapolresta Madiun beserta Forkompimda Kabupaten dan Kota Madiun.

Kapolda meminta seluruh aparat keamanan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat terutama peserta Nyekar atau ziarah makam para sesepuh perguruan pencak silat.

“Kegiatan Suran Agung akan diserahkan sepenuhnya kepada para peserta, sedangkan kami hanya bertindak mengelola keamanan,” ungkap jenderal polisi bintang dua tersebut.

Dalam apel gelar pasukan pengamanan tersebut, juga dilakukan dengan penanda tanganan kesepakatan damai bagi seluruh kelompok pencak silat dari berbagai golongan.

“Semua saya kembalikan ke masyarakat. Saya minta tidak terjadi keributan. Kalau ada yang tidak beres, saya akan panggil pimpinannya untuk bertanggung jawab,” tegasnya.

Pada acara tersebut, juga dilakukan pemasangan pita berwarna putih kuning bagi seluruh aparat keamanan untuk pengamanan acara Suro Agung.

Dalam gelar pasukan kali ini diikuti 1.000 personil gabungan dari Polri,TNI, Satpol PP, Dishub dan seluruh perwakilan dari perguruan pencak silat.

Acara ‘Nyekar’ merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh sejumlah paguyuban pencak silat.

Untuk Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), kegiatan nyekar akan dilakukan pada Rabu (20/09) dan Kamis (21/09), yang juga merupakan pengesahan bagi warga baru.

Sedangkan bagi Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHWTM), kegiatan nyekar akan dilaksanakan pada 8 Oktober mendatang. (Bud/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim