BKD Jatim Terapkan Data Kepegawaian Terintegrasi

BKD Jatim Terapkan Data Kepegawaian Terintegrasi

TerasJatim.com, Surabaya – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur akan  menerapkan program aplikasi data kepegawaian berbasis IT (Information tehnologi) e- Master (Manajemen ASN Terpadu).

Dengan e-Master, maka nantinya seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Jatim, bisa lakukan pembaruan data setiap saat dan dimanapun mereka berdinas.

Sekretaris BKD Provinsi Jatim,  Drs Abimanyu Poncpatmojo Iswinarto mengatakan, pentingnya data kepegawaian berbasis IT guna mendukung pelayanan kepegawaian yang terintegrasi. Hal ini akan memudahkan pengolahan data kepegawaian di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada

Menurut Abimanyu ,data kepegawaian yang dientry atau diinput  pada aplikasi e-Master melalui alamat lin http://master.bkd.jatimprov.go.id/asn,  akan menjadi data source dalam pengklasifikasian kuadran kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kami mohon dukungan para pengelola kepegawaian agar data ini segera dilengkapi, karena kami akan segera lakukan pengklasifikasian kuadran kompetensi Pujar S,” kata Abimanyu, seusai Rapat Updating Data SOTK pada Aplikasi e-Master  di Aula Lantai 2 Gedung BKD Jatim, Rabu (11/01) siang.

Abimanyu mengatakan, berdasarkan Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2016, tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, terjadi perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di lingkungan Pemprov Jatim dari yang sebelumnya 59 SKPD menjadi 55 Perangkat Daerah.

Ditambahkan Abimanyu, perubahan inilah yang mendasari pemutakhiran data pada Aplikasi e-Master yang terintegrasi pada layanan kepegawaian. Updating data merupakan langkah penting dalam penyediaan layanan kepegawaian yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Sementara Kepala Bidang Perencanaan, Pengadaan, Pengolahan Data dan Sistem Informasi BKD Provinsi Jatim, Hasyim Asyhari, dalam paparannya menekankan, bahwa target pemenuhan data kepegawaian di lingkungan Pemprov Jatim akan selesai pada bulan Maret 2017 mendatang.

 “Kita mau, data aplikasi kepegawaian ini selesai di akhir bulan Maret, supaya bisa berlanjut ke next step penyediaan layanan kepegawaian”, ujar Hasyim.

Selanjutnyam, setelah data lengkap, diharapkan setiap ASN mencetak notifikasi curriculum vitae dari aplikasi e-Master  yang mereka tandatangani serta diketahui atasan langsung, untuk selanjutnya diverifikasi oleh pengelola kepegawaian dan dikirimkan ke BKD Provinsi Jatim.

Data ASN yang lengkap dan baik serta didukung oleh percepatan perbaikan data secara online ini, nantinya diharapkan akan mendukung dalam proses pelayanan kepegawaian paperless yang saat ini menjadi perhatian utama BKD Provinsi Jatim. (Tom/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim