Bahaya dari Dispenser Minuman

Bahaya dari Dispenser Minuman

TerasJatim.com – Menggunakan dispenser minuman sudah bukan hal yang aneh lagi saat ini. Malah hampir dipastikan barang ini menjadi kebutuhan yang cukup penting.

Fungsi dispenser selain membantu untuk meletakkan galon air, juga memudahkan untuk mendapatkan air yang panas dan dingin tanpa perlu memasak di kompor.

Namun di balik kemudahan yang diberikan oleh dispenser, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dari alat rumah tangga tersebut. Bahaya pun dapat mengintai akibat penggunaannya.

Apa saja bahaya dan hal yang perlu diwaspadai itu? Berikut ini informasinya:

Bocor

Dispenser rawan dengan kebocoran, baik pada kerannya ataupun selang bagian dalam. Saat mengganti galon ke dispenser pun sangat rawan terjadi tumpahan air. Nah, ini perlu diwaspadai sebab tumpahan air atau bocoran air dapat memicu bahaya lain semisal tersetrum atau terpeleset.

Cedera saat mengangkat galon

Galon air umumnya mencapai berat lebih dari 10 liter air. Saat menggantinya cukup riskan dan berbahaya karena bisa menyebabkan cedera otot di beberapa bagian tubuh misalnya otot lengan, punggung dan bahu.

Kuman dan bakteri

Dispenser pun sangat rentan dipenuhi oleh kuman dan bakteri karena digunakan oleh banyak orang. Apalagi yang diletakkan di kantor, rumah sakit, restoran dan lokasi umum lainnya. Dalam penelitian, ada sekitar 2,7 juta kuman yang ditemukan di keran dispenser. Belum lagi yang ada di bagian tombol atau knop pencetan air. Membersihkan secara rutin adalah jalan keluar yang aman bagi kesehatan.

Bagi anak-anak

Untuk anak-anak balita yang belum mengerti, air panas dari dispenser bisa sangat berbahaya. Mereka kadang memainkan tombol dan knop air panas dan terkena siramannya hingga melepuh. Sebaiknya jauhkan dispenser dari jangkauan anak-anak untuk lebih amannya. (Sis/Kta/Red/TJ/Sidomi)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim