Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kasus Penipuan 59 Calon Jemaah Haji, Seorang Pelaku Buron

Kasus Penipuan 59 Calon Jemaah Haji, Seorang Pelaku Buron

TerasJatim.com, Surabaya – Penyidik Ditreskrimum Polda Jatim secara resmi memburu Syaifullah, salah satu orang yang diduga terlibat dalam kasus penipuan dengan percepatan pemberangkatan haji yang merugikan 59 orang calon jamaah haji (CJH) hingga lebih dari setengah miliar rupiah.

Nama Syaifullah alias Syaiful diburu, berdasarkan pengakuan dari Murtadji Djunaidi, warga asal Bendomungal Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, yang kini resmi menjadi tersangka dan sudah ditahan di Mapolda Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menjelaskan, sedianya Syaiful yang mengaku bekerja di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim Jatim ini, telah dipanggil penyidik pada Senin (12/08/19) kemarin. Namun dia tidak hadir dan diduga kabur.

“Syaiful ini sudah kita lakukan pencarian di salah satu kota. Saya tidak mau sebutkan kota-nya,” jelas Kombes Barung, Selasa (13/08/19).

Penyidik juga telah melakukan pemeriksaan di kantor Kemenag Jatim guna memastikan serta mengkonfrontir pengakuan tersangka Junaidi, yang menyatakan jika Syaiful bekerja di kantor kementerian tersebut.

“Dari keterangan tersangka Junaidi, bahwa Syaiful ini bekerja di Kementerian Agama yang dapat mengatur jadwal pemberangkatan hingga dimajukan,” lanjutnya.

Baca juga: https://www.terasjatim.com/diiming-imingi-berangkat-lebih-cepat-59-calon-haji-di-jatim-rugi-rp550-juta/

“Ternyata setelah kita cek, Syaiful ini tidak ada. Nomor telepon juga tidak ada,” sambungnya.

Kini, setelah upaya pemanggilan disertai upaya penjemputan dan pencarian di Kantor Kanwil Kemenag Jatim, Syaiful tidak juga ditemukan, maka secara resmi polisi mengeluarkan surat DPO terhadap Syaifullah.

“Karena ini tidak ada di Kementerian Keagamaan, maka kita nyatakan yang bersangkutan DPO,” tandas perwira polisi dengan tiga melati di pundaknya itu. (Ah/Kta/Red/TJ)

Baca juga: https://www.terasjatim.com/kasus-penipuan-puluhan-calon-jemaah-haji-polda-jatim-panggil-oknum-kemenag/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim