Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gubernur Jatim Bersama Kapolda dan Pangdam, Lepas Ribuan Peserta Mudik Gratis

Gubernur Jatim Bersama Kapolda dan Pangdam, Lepas Ribuan Peserta Mudik Gratis

TerasJatim.com, Surabaya – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen R Wisnoe PN dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, memberangkatkan 50 bus mudik gratis yang diselenggarakan oleh PT Jasa Raharja (Persero), di lapangan Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat (31/05/19).

Tercatat sebanyak 2000 orang diberangkatkan dengan tujuan 19 kabupaten/kota di Jatim dan 3 provinsi di Pulau Jawa, antara lain Banyuwangi, Jember, Blitar, Cepu, Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Madiun, Magelang, Ponorogo, Pacitan, Solo, Yogyakarta, Semarang, Tegal, Cirebon, Tasikmalaya dan Bandung.

Saat sebelum memberangkatkan bus pemudik, Khofifah sapaan Gubernur Jatim, mengingatkan agar diantara penumpang dan sopir saling mengingatkan untuk tidak mengebut di jalanan. Hal ini penting, karena meskipun ada tol yang bisa mempercepat perjalanan, bukan berarti boleh kebut-kebutan.

“Kalau biasanya sopir yang perlu diingatkan, kali ini penumpangnya yang ingin cepat-cepat sampai ke kampung halaman, jadi harus saling mengingatkan antara sopir dan penumpangnya,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, saat meninjau Terminal Purabaya, bus yang digunakan rata-rata merupakan bus standar. Sedangkan bus yang digunakan mudik gratis kali ini adalah bus standar pariwisata dan kelasnya eksekutif.

Selain itu, saat pihaknya melepas mudik gratis lewat kapal ke Masalembu, penumpangnya juga sangat senang karena fasilitasnya mewah.

“Artinya layanan terbaiklah yang ingin selalu diberikan untuk pemberian pemenuhan kebutuhan masyarakat. Apalagi, hal ini juga diikuti oleh seluruh stake holder baik BUMN maupun privat sektor,” ungkapnya sembari menyampaikan apresiasi kepada seluruh stake holder yang telah ikut menyiapkan dan melaksanakan program mudik gratis.

Khofifah berpesan, meskipun mudik ini gratis, namun semuanya harus tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Selain itu, tes urine untuk driver juga dilakukan guna memastikan bahwa semua driver mampu mengendarai moda transportasi dengan aman.

“Semoga semua pemudik bisa selamat sampai tujuan dan bisa bertemu keluarga tercinta dengan bahagia dan selalu senyum ceria. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur SDM & Umum PT. Jasa Raharja (Persero), Dewi Aryani Suzana menjelaskan, padatahun ini pihaknya telah memberangkatkan 40.180 orang pemudik, diantaranya 3.100 ribu moda bus, 2.500 kapal laut, dan sisanya kereta api.

“Sasaran kegiatan mudik gratis Jasa Raharja ini untuk mengalihkan masyarakat yang mudik ke kampung halaman dengan sepeda motor, agar menggunakan bus, serta meminimalisir resiko kecelakaan,” terangnya. Menurutnya, kegiatan Ini adalah tahun ke 12 Jasa Raharja dalam menyelenggarakan mudik gratis. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim