Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ziarah Kubur, Tradisi Baik Masuki Gerbang Ramadhan

Ziarah Kubur, Tradisi Baik Masuki Gerbang Ramadhan

TerasJatim.com – Suasana riuh berjubel dengan deretan kendaraan terparkir memadati hampir semua lokasi pemakaman, menjadi pemandangan yang lazim beberapa hari belakangan ini di Kabupaten Bojonegoro Jatim.

Peziarah kubur datang silih berganti guna melantunkan doa bagi para pendahulu yang telah bermukim di alam barzah.

Tak pelak, pemakaman pun riuh suara rangkaian munajat berharap supaya para pendahulu berlimpah rahmat dan kenikmatan, dijauhkan dari siksa kubur.

Ya, ini tradisi amat baik menjelang Bulan Ramadhan di Nusantara. Para anak, para ahli waris tak menyia-nyiakan waktu berbagi kebahagiaan dengan ahli kubur sesaat sebelum memasuki bulan mulia yang penuh ampunan ini.

Di sinilah letak tradisi baik ini biasanya menjadi parameter waladun sholih atau mungkin sebaliknya. Namun demikian, bukan berarti mereka yang tidak berziarah kubur lantas bisa seenaknya dicap durhaka.

Sebab, sholih atau tidak, sejatinya bersemayam pada kedalaman hati dan relung jiwa, bukan sekadar yang tampak mata belaka. Selamat memasuki bulan puasa wahai para mukminin. (Saiq/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim