Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Petanque, Cabor Baru dari Perancis, Sumbang 2 Emas Untuk Bojonegoro di Porprov Jatim

Petanque, Cabor Baru dari Perancis, Sumbang 2 Emas Untuk Bojonegoro di Porprov Jatim

TerasJatim.com, Bojonegoro – Atlet cabang olahraga (cabor) Petanque berhasil menyumbangkan 2 medali emas bagi kontingen Bojonegoro pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jatim 2019.

Keberhasilan meraih 2 medali emas Petanque itu dari nomor Triple Men dan Triple Mix. Cabor Petanque ini terhitung baru dan dimainkan di lapangan GOR Dabonsia Bojonegoro, yang berada di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander.

Nah, karena Cabor baru tentu masih banyak yang penasaran tentang olahraga yang berasal dari negara Perancis ini.

Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Bojonegoro, Anam Syaifuddin, menjelaskan, Petanque merupakan salah satu bentuk permainan melemparkan Bosi, yaitu bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu Boka atau Jack.

Dalam permainan ini, kata dia, dilengkapi 3 peralatan khusus, antara lain Boka, Bosi dan circle. “Ketika pemain yang mendapatkan kesempatan melempar boka, harus melempar bosi. Pemain lawan harus mengalahkan jarak yang sudah dibuat pemain pertama tadi,” terangnya, Rabu (10/07/19) malam.

Ada 3 nomor pertandingan dalam Petanque, yakni single, double dan triple. Untuk single dan double masing-masing pemain mendapat 3 bosi dengan kesempatan melempar 3 kali.

“Sedangkan pada nomor pertandingan triple, para pemain hanya diberi 2 bola,” paparnya, saat menjelaskan olah raga yang kali pertama dipertandingkan dalam Porprov Jatim tersebut.

Anam menyebut, keberhasilan tim Petanque Bojonegoro menyabet 2 emas ini merupakan prestasi tersendiri. Sebab target yang dicanangkan oleh KONI Bojonegoro untuk cabor baru ini hanya 1 medali emas.

Sehingga, tambah Anam, atas raihan 2 medali emas dari cabor Petanque ini membuat kontingen Bojonegoro tetap bertahan pada posisi 10 besar klasemen perolehan medali Porprov VI Jatim.

“Alhamdulilah, sesuai target. Kita bisa mempertahankan emas seperti pada Kejurprov. Semoga Petanque di Bojonegoro bisa berkembang lebih besar lagi,” pungkas dia.

Sekadar diketahui, medali emas pertama Petanque Bojonegoro didapatkan dari nomor Triple Men dengan atlet Mohammad Maulana Yossyan Fachrozi, Hanif Abdullah Syaifur, dan Fachrudin Amanda Putra.

Sedangkan medali emas kedua Petanque diperoleh dari nomor Triple Mix (campuran) yang dimainkan pada Rabu (10/07/19) dengan atlet Yuli Sinta Nur Amalia, Ismirotul Jannah dan Arsan Firdaus Apriyanto. (Saiq/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim