Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Wakapolda Jatim Ingatkan Para Kades Tidak Selewengkan Dana Desa

Wakapolda Jatim Ingatkan Para Kades Tidak Selewengkan Dana Desa

TerasJatim.com, Surabaya – Wakapolda Jatim Brigjen Pol M Iqbal mewanti-wanti seluruh kepala desa (kades) di wilayah Jatim agar tidak lagi bermain-main dengan dana desa (DD).

Ia menegaskan, pihaknya tak segan-segan akan menindak tegas jika memang terjadi penyalahgunaan dana yang bersumber dari APBN tersebut.

“Kami minta kepala desa untuk menyalurkan dana desa dengan baik. Pelaksanaan penyaluran itu nanti akan dikawal ketat oleh Babinkamtibmas. Jika ada yang melakukan penyelewengan, maka akan ditindak dengan tegas,” ujarnya pada sosialisasi dan ikrar pencegahan pungutan liar, Selasa (25/09).

Iqbal mengaku telah meminta Babinkamtibmas di Jatim untuk lebih mengintensifkan pengawasan terhadap dana desa agar tak terjadi adanya penyelewengan.

“Kita gandeng Babinsa dan institusi pemerintah untuk mengawasi dana desa agar tak terjadi penyelewengan,” ungkapnya.

Di depan sekitar 1.333 peserta perwakilan Babinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa se Jatim, Iqbal meminta agar mereka nantinya menjadi mentor bagi pihak terkait lainnya. “Kami ingin sampaikan anggota harus kawal dana desa ini dengan baik, jika ada oknum yang bermain akan ditindak tegas,” ujarnya.

Selain itu sosialisasi ini diharapkan menjadi momentum yang tepat bagi Babinkamtibmas untuk ikut menjaga situasi dan kondisi di wilayahnya terlebih di tahun politik seperti ini.

“Kasus-kasus yang terjadi intinya penyelewengan. Seperti modus mark up, pertanggungjawaban fiktif yang banyak dilakukan,” katanya.

Pada kegiatan sosialisasi ini dibahas secara teknis dan taktis bagaimana cara kerja dalam mengawasi dana desa yang selama ini rawan diselewengkan oleh aparat desa tersebut. (Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim