Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tinjau Korban Gempa, Gubernur Bersama Kapolda dan Pangdam Terbang ke Pulau Sapudi Madura

Tinjau Korban Gempa, Gubernur Bersama Kapolda dan Pangdam Terbang ke Pulau Sapudi Madura

TerasJatim.com, Sumenep – Pasca terjadi gempa di timur laut Situbondo, Gubernur Jatim Soekarwo bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, langsung terbang untuk meninjau lokasi korban gempa di Pulau Sapudi, Sumenep Madura, Kamis (11/10).

Dengan menggunakan helikopter, rombongan Forkopimda Jatim itu berangkat sekitar pukul 09.35 WIB dari Mapolda Jatim.

Setiba di lokasi, Gubernur Jatim Soekarwo langsung melakukan koordinasi dengan aparat pemerintahan setempat.

Soekarwo memastikan, pemerintah akan menjamin seluruh kebutuhan bagi para korban gempa di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep.

“Kami informasikan, rumah rusak akan menjadi tanggung jawab Pemprov. Mereka yang sakit (terluka), menjadi tanggung jawab Pemkab,” jelasnya didampingi Kapolda Jatim dan Pangdam Brawijaya, Kamis (11/10).

Soekarwo menambahkan, jika pihak Pemkab Sumenep tidak sanggup untuk pengobatan para korban, Pemprov Jatim siap memberikan jaminan.

Selain pengobatan terhadap korban luka dan biaya perbaikan infrastruktur khususnya rumah tinggal yang rusak, Pemprov Jatim juga memberikan santunan kepada korban meninggal dunia, yang kini tercatat sementara 3 orang.

“Tapi lebih daripada itu, kehadiran kami (Forkompimda) memberikan rasa tenang masyarakat, dan memastikan bahwa pemerintah hadir di tempat itu dan menyelesaikan permasalahan,” lanjutnya.

Dikatakan Pakde Karwo, sebutan akrab Soekarwo, semua tim sudah bergerak dan segala keperluan logistik untuk keperluan perbaikan rumah juga sudah dikirim. Perbaikan rumah akan dibantu langsung oleh prajurit TNI AD dari Pangdam V Brawijaya.

Pakde Karwo menyebut, wilayah yang terkena imbas terparah dari peristiwa gempa ini berada di Pulau Sapudi, Sumenep Madura.

Menurutnya, meski titik gempa berada di timur laut Situbondo, namun sedikitnya ada 25 rumah yang rusak di Pulau Sapudi. (Ah/Isk/Kta/Red/TJ)

Baca juga: http://www.terasjatim.com/gempa-di-timur-laut-situbondo-3-orang-di-pulau-sapudi-madura-dilaporkan-meninggal/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim