Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ribuan Anggota Linmas Siap Amankan Pilkada

Ribuan Anggota Linmas Siap Amankan Pilkada
Wakil Bupati Tuban, Ir Noo Nahar Husein saat menyalami anggota linmas seusasi kegiatan apel

TerasJatim.com,Tuban – Sebanyak 5.162 anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) dipersiapkan untuk mengamankan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) Tuban pada 9 Desember mendatang.

Guna mengecek persiapan dan mematangkan tugasnya, anggota linmas pun diapelkan di lapangan GOR Tuban, Jum’at  (27/11).

Pada apel tersebut, langsung dibuka oleh Wakil Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein. Dihadapan ribuan anggota linmas, anggota TNI, Polisi dan Satpol PP, Noor Nahar Husein mengungkapkan, pada apel ini anggota linmas dipersiapkan untuk pengamanan pilkada.

Tugas linmas selain membantu TNI dan Polri, mereka juga berperan penting di dalam pelaksanaan pilkada. Terlebih, penjagaan pengamanan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di setiap TPS, minimal ada 2 anggota linmas. “Linmas ini tugasnya juga berat, karena menjaga keamanaan di TPS, mulai pendirian sampai perhitungan selesai, dan mengawal kotak surat suara ke PPS,” terang mantan Ketua PCNU Tuban ini kepada TerasJatim.com.

Dikatakan Noor Nahar, bersama TNI dan Polri linmas harus bekerjasama dan saling koordinasi terkait pengamanan pilkada. Supaya pilkada Tuban berjalan dengan lancar dan tidak kisruh.

Tidak hanya itu, tugas linmas yang lain yaitu dapat mendeteksi kerawanan akan adanya gesekan antar sesama pendukung. Sehingga, yang menjadi pemicu kekisruhan dapat diantisipasi.

“Jadi linmas ini perannya sangat penting, supaya penyelenggaran pilkada dapat berjakan dengan lancar,” imbuhnya.

Semenetara itu, dengan kegiatan apel tersebut, para anggota linmas menambut dengan baik.

Kepada TerasJarim.com, salah satu anggota linmas, Chairul, mengaku, akan melaksanakan tugasnya sesuai aturan. Tidak hanya itu, anggota linmas sudah menjalin kerjasama dengan TNI dan Polri dalam pengamanan pilkada Tuban 2015.

“Kami siap, karena ini sudah tugas kami sebagai anggota linmas,”ujarnya saat seusai apel di lapangan GOR Tuban.(Wan/Jay/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim