Manfaat Kesehatan Bagi Penggemar Film Horor

Manfaat Kesehatan Bagi Penggemar Film Horor

TerasJatim.com – Nonton film horor bagi sebagian orang adalah hal yang dihindari. Namun banyak juga yang gemar melakukannya.

Di balik acara menakut-nakuti diri sendiri dengan menyaksikan berbagai adegan mencekam di genre film tersebut, ternyata bisa memberikan manfaat bagi diri dan kesehatan.

Penelitian lah yang menyebut bahwa film horor memberikan efek positif untuk tubuh.

Studi yang dilakukan tahun 2012 lalu itu digelar oleh Lovefilm dan dikerjakan oleh peneliti dari University of Westminster.

Hasil studinya cukup menggembirakan untuk penyuka film horor, karena disebutkan bahwa setelah menyaksikan film tersebut maka kalori dan lemak lebih banyak terbakar, juga perasaan seseorang akan lebih happy.

Studi itu dilakukan dengan cara meminta 10 partisipan menyaksikan film horor yang tidak sama. Pada studi tersebut peneliti akan merekam detak jantung, serapan oksigen, juga banyaknya karbondioksida yang dikeluarkan saat menonton.

Saat sedang ketakutan dalam menonton dan terlonjak kaget, ada 184 kalori yang terbakar dari dalam tubuh. Itu jumlah sama yang dikeluarkan oleh orang yang berjalan selama 40 menit, demikian ditulis American Council dalam Exercise’s physical activity calorie counter.

Saat stres dan tubuh melepas hormon adrenalin, maka detak jantung meningkat. Ini respon yang baik untuk meningkatkan energi dan memicu Anda jadi lebih waspada. Demikian dikatakan Richard Mackenzie, penulis penelitian.

Sebelumnya sebuah studi yang dilakukan Coventry University tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Stress pun menyebut bahwa film horor membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, juga melawan infeksi pada sel darah putih.

Nah, ternyata nonton film horor juga berdampak positif lho. Akan tetapi bagi Anda yang jantungan, sebaiknya memang tidak memaksakan diri untuk melihat genre film tersebut. (Sis/Kta/Red/TJ/Sidomi)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim