Kapal Nelayan Asal Juwana Pati, Ditabrak Kapal Berbendera Vietnam di Perairan Tuban

Kapal Nelayan Asal Juwana Pati, Ditabrak Kapal Berbendera Vietnam di Perairan Tuban
Ilustrasi

TerasJatim.com, Tuban, Jakarta – Peristiwa kecelakaan laut terjadi antara Kapal MV Thaison 4 berbendera Vietnam GT 8216 Aimo 9370587 yang menabrak Kapal Motor Mulya Sejati dari Juwana, Pati, Jateng, di perairan Laut Jawa sekitar Tuban Jatim, tepatnya pada titik koordinat 06.33.03.5/112 derajat, Sabtu (19/11) pukul 04.00 dini hari.

Akibat kejadian tersebut, 15 orang ABK KM Mulya Sejati dilaporkan hilang dan masih dalam pencarian.

Informasi yang dihimpun, kapal berbendera Vietnam tersebut membawa 22 ABK warga negara Vietnam menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Saat bersamaan KM Mulya Sejati dengan 27 ABK asal Juwana, Pati, Jawa Tengah, sedang berhenti dan lego jangkar. Beberapa ABK KM Mulya Sejati beristirahat.

Namun, tiba-tiba dari arah belakang, kapal Thailand itu menabraknya. Akibatnya, kapal nelayan terbalik dan para ABK nya tercebur ke laut.

“Yang selamat atau luka 12 orang, sementara belum diketemukan 15 orang,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (19/11).

Sutopo mengatakan, berdasarkan keterangan salah satu ABK, Sukri (28), dia dalam keadaan tidur di KM Mulya Sejati pukul 04.00 WIB. Kemudian kapal tersebut ditabrak oleh Kapal Thaison 4 berbendera Vietnam dari belakang kemudian terbalik.

Adapun 12 korban selamat dievakuasi dengan kapal Dian Radian ke pelabuhan Shorebase Lamongan, Jawa Timur. Sementara 15 ABK lainnya hilang dan masih dalam pencarian. (Wid/Her/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim