Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jelang Pemilu, KPU Kota Kediri Mulai Rakit Ribuan Kotak Suara

Jelang Pemilu, KPU Kota Kediri Mulai Rakit Ribuan Kotak Suara

TerasJatim.com, Kediri – Jelang pesta demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri mulai merakit ribuan kotak suara yang bakal digunakan pada Pemilu April 2019 mendatang.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq memastikan, tingkat keamanan 4.971 kotak suara ini terjamin dengan baik di Gudang KPU Kota Kediri.

Menurutnya, jumlah logistik ini sudah sesuai dengan kebutuhan di 947 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kediri. Namun, besaran sarana pemilu tersebut belum termasuk TPS khusus.

“Seperti kotak suara yang dipergunakan di TPS Lapas, pondok pesantren, dan tempat penampungan orang tua,” katanya.

Ia mengimbau jika ada tambahan jumlah pemilih pindahan, pihaknya berharap petugas KPPS di sejumlah daerah bisa langsung mendata nama-nama calon pemilih yang belum masuk daftar pemilih tetap (DPT). Dengan demikian, sebelum hari H masa pencoblosan, nama mereka bisa terdaftar di DPT.

“Dari data pemilih tambahan ini kami akan membuat laporan, dan nantinya jumlah logistik tersebut bisa disesuaikan ke depan. Namun, kami rasa jumlah kotak suara dan bilik yang ada sekarang sudah cukup,” katanya.

Agus optimistis, perakitan ribuan kotak suara ini bakal selesai sebelum hari H pada pemilu mendatang. Hal ini juga ditunjang oleh pengerahan sejumlah tenaga yang ada di sekretariat KPU setempat.

“Untuk peningkatan pengamanan dan pengawasan kotak suara maupun bilik ini, kami juga bekerja sama dengan petugas kepolisian yang berjaga di sekretariat kami setiap hari,” katanya.

Bahkan, tambah dia, KPU Kota Kediri juga menjamin ribuan kotak suara yang sempat diragukan ketahanannya tidak akan terjadi. Apalagi beragam kotak dari bahan kardus itu, dipastikan tahan dari percikan air.

“Selama disimpan di dalam gudang KPU Kota Kediri, kami juga terus meningkatkan pengawasan terhadap logistik ini. Khususnya dari ancaman hewan pengganggu, seperti tikus dan lainnya,” katanya.

Selain itu, lanjut Agus, selama disimpan di gudang, KPU Kota Kediri juga akan menugaskan sejumlah tenaga untuk memantau kondisi ribuan kotak tersebut setiap saat. Bahkan termasuk di dalam gudang, ribuan kotak tersebut ditata sedemikian rupa dengan memberikan jarak antara tembok gudang dengan kotak suara.

“Kami juga memberikan plastik penutup pada setiap kotak suara yang telah dirakit. Lalu, di atap gudang atau di genteng juga kami pastikan tidak akan ada kebocoran karena faktor hujan,” katanya.

Terkait dengan penyelesaian perakitan kotak suara ini, pihak KPU tidak diberi batas waktu atau target tertentu. Namun, dia menjamin, proses perakitan ini berlangsung cepat, seiring tidak adanya kendala dalam tahap tersebut.

“Di sisi lain, dengan adanya relawan demokrasi yang terbentuk, maka ke depan sosialisasi Pemilu 2019 akan meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk menyumbangkan hak pilih mereka,” pungkasnya. (Kta/Red/TJ/AC-KBRN)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim