Ini Manfaat Konsumsi Asam Jawa

Ini Manfaat Konsumsi Asam Jawa

TerasJatim.com – Asam jawa adalah bumbu dapur yang memberi rasa kecut segar bagi masakan. Asam jawa dapat dipakai untuk masak sayur asem atau tumisan asem-asem buncis.

Tak hanya melezatkan masakan, ternyata ada khasiat lain yang tersimpan di balik rasa masamnya itu. Buah yang terbungkus kulit berwarna coklat itu juga mengandung vitamin C, vitamin B, antioksidan, beta karoten, serta mineral.

Jika Anda mengonsumsinya, maka berikut beberapa manfaat yang dapat Anda temukan:

Turunkan berat badan

Kandungan asam hidroksi sirat (HCA) pada asam jawa ternyata berfungsi untuk menghambat penyimpanan lemak di tubuh, sehingga dapat melangsingkan dan menurunkan berat badan. Tak heran beberapa jenis jamu menyertakan asam jawa di dalamnya, semisal kunyit asam.

Sehatkan pencernaan

Mengonsumsi asam jawa juga mampu menyehatkan sistem pencernaan Anda, dan melancarkan serta mencegah sembelit.

Obati luka usus

Luka di usus kerap disebut juga ulkus peptik, adalah penyebab perut terasa nyeri. Adanya kandungan polifenol pada asam jawa membantu kesembuhan penyakit itu. Anda bisa merebus asam jawa, lalu minum air rebusannya dengan tambahan madu.

Jantung sehat

Konsumsi asam jawa juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang efeknya baik bagi kesehatan jantung. Ini akibat adanya flavonoid pada buah tersebut sementara potasiumnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Melawan kanker

Vitamin C, juga antioksidan yang tinggi dalam asam jawa membantu melawan sel kanker atau mencegah munculnya sel rusak tersebut.

Antiseptik

Ada sifat antiseptik dan anti bakteri pada asam jawa sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan luka baik di dalam maupun luar tubuh.

Masih banyak lagi manfaat dan khasiat asam jawa, sehingga Anda tak perlu ragu mengonsumsinya. (Sis/Kta/Red/TJ/Sidomi)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim