Cuaca Buruk, BMKG Minta Pelayaran di Perairan Sumenep Waspada

Cuaca Buruk, BMKG Minta Pelayaran di Perairan Sumenep Waspada

TerasJatim,com, Sumenep – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, meminta kapal pelayaran ke kepulauan Sumenep lebih waspada terhadap cuaca yang saat ini tidak menentu.

Kondisi cuaca musim penghujan yang disertai angin kencang kerap memicu terjadinya gelombang tinggi, sehingga membahayakan perlayaran.

Kepala BMKG Kalianget, Amat Subekti mengatakan, saat ini gelombang laut di perairan Sumenep akibat cuaca tidak bersahabat bisa mencapai ketinggian 3 meter. Sehingga, kondisi ini cukup berbahaya, khsusnya bagi kapal ukuran kecil.

“Memang sekarang cuaca kurang bersahabat, sehingga saya minta pelayaran lebih waspada terhadap gelombang tinggi,” imbaunya.

Pihaknya menyebutkan, menurut prakiraan cuaca puncak musim hujan di Kabupaten Sumenep terjadi pada bulan Januari 2017.

“Januari menjadi puncak musim hujan. Kalau sekarang gelombang tinggi terjadi di perairan Kangean dan Masalembu, bisa mencapau 2,5 hingga 3 meter,” paparnya.

Kondisi cuaca tidak bersahabat yang melanda wilayah Kabupaten Sumenep sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir. Akibatnya, pelayaran ke daerah kepulauan Sumenep terganggu, bahkan tak jarang kapal penumpang maupun barang memilih lebih lama bersandar di pelabuhan Kalianget. (Isk/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim