Banyak Fenomena Alam, Warga Gondang Sambangi Watu Semar di Alun-Alun Bojonegoro

Banyak Fenomena Alam, Warga Gondang Sambangi Watu Semar di Alun-Alun Bojonegoro

TerasJatim.com, Bojonegoro – Warga Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang Bojonegoro Jawa Timur, berbondong-bondong mendatangi batu semar yang berada di alun-alun kota Bojonegoro, untuk melakukan ritual, Sabtu (30/04), sore.

Sekitar 150 warga yang berada di wilayah Bojonegoro bagian selatan ini, datang berombongan sambil membawa air yang diambil dari lima sumber mata air dari wilayah Gondang.

Acara ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sambongrejo, Eko Prasetyo.

Eko sapaan akarbnya mengatakan, kegiatan yang dinamakan sambang watu selo semar ini didasari atas rasa untuk mempererat tali persaudaraan antar warga sambong rejo dengan watu semar.

“Sambang watu selo semar ini dalam rangka mengingat bahwa batu semar ini kan asalnya dari Gondang, Kita datang silaturahmi ke sini bersama warga,” katanya usai acara.

Eko menambahkan, akhir-akhir ini banyak fenomena alam yang menimpa wilayah Gondang, sehingga warga Sambongrejo mengadakan acara sambang batu semar.

“Beberapa pekan terakhir Gondang digemparkan dengan munculnya lumpur dari perut bumi. Kita tidak mengajarkan kepada masyarakat untuk percaya kepada batu, akan tetapi kita mencoba saling berdampingan dengan alam,” tambahnya.

Dari pantauan TerasJatim.com, acara berjalan cukup hikmat. Ada beberapa ritual, seperti penyiraman air oleh beberapa perempuan dari wilayah Gondang, kemudian ada lantunan doa-doa yang dipimpin oleh seorang ulama’ dari desa setempat. (Zuh/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim