Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Prabowo-Sandi Unggul di Pacitan, Ini Perolehannya

Prabowo-Sandi Unggul di Pacitan, Ini Perolehannya

TerasJatim.com, Pacitan,–Setelah dilakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan umum (pemilu) tingkat Kabupaten, pada 30 April dan 1 Mei 2019, hasil perolehan suara pasangan calon (Paslon) presiden 02 unggul di Kabupaten Pacitan.

Berdasarkan data yang dihimpun, suara Paslon 01 memperoleh 116.196 suara, sedangkan Paslon 02 memperoleh 230.810 suara.

Kemudian, jumlah suara sah dari masing-masing paslon sejumlah 347.006, sedangkan suara tidak sah sejumlah 11.101 suara, dan jumlah total seluruh suara sah dan tidak sah sebesar 358.107 suara.

Ketua KPU Pacitan, Damhudi mengatakan, untuk hasil Pilpres di Pacitan kemungkinan berbeda dengan daerah lain. Karena, sejak Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 dan 2019 hasil tetap sama, yakni dimenangkan oleh Prabowo.

“Jadi pasangan untuk nomor urut 02 (Prabowo-Sandi) lebih unggul di Pacitan,” ujarnya kepada TerasJatim.com, di sela-sela melakukan pleno terbuka tingkat Kabupaten, di ruang pertemuan Hotel Permata, Rabu (01/05/19).

Meski demikian, pihaknya belum memprosentasekan dari hasil perolehan Pilpres tersebut. “Saat ini kita belum menetapkan prosentase karena proses perhitungan tinggkat DPRD belum selesai,” terangnya.

Menurutnya, tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 secara umum mencapai sekitar 74% lebih dan lebih baik jika dibanding pemilu 2014 lalu. “Targetnya secara nasional 77%, kalau target kabupaten 75%. Lebih bagus pemilu tahun ini, kalau pemilu 2014 hanya 71%,” katanya.

Damhudi menambahkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019, salah satunya dilakukan secara serentak baik Pilpres maupun Pileg.

“Belum kita analisa secara menyeluruh,  dugaan kami kemungkinan karena Pilpres, Pileg dijadikan satu serentak. Dan pemilih yang tadinya ingin memilih presiden, akhirnya berdampak pada pemilu legislatif,” imbuhnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim