Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Peringati Hari Otonomi Daerah ke-23, Bupati Blitar Berharap Daya Saing Daerah Bisa Meningkat

Peringati Hari Otonomi Daerah ke-23, Bupati Blitar Berharap Daya Saing Daerah Bisa Meningkat

TerasJatim.com, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar memperingati Hari Otonomi Daerah ke-23 dengan melakukan upacara bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (02/05/19). Hari Otonomi Daerah yang diperingati setiap 25 April, kali ini bertemakan “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto mengatakan, otonomi daerah pasca reformasi mampu menjadi solusi untuk mendorong kemajuan daerah guna mengembangkan kreatifitas dan inovasi. Tujuannya adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat.

“Pada peringatan hari otonomi daerah kai ini, harapannya daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan, serta potensi keanekaragaman daerah,” kata Bupati usai upacara.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, pelaksanaan otonomi daerah tidak bisa menganggap bahwa masyarakat itu hanya semata-mata adalah “konsumen” pelayanan publik, tetapi dipandang sebagai “citizen”, termasuk bagaimana meningkatkan sumber daya manusia.

“Nah hal itu selaras dengan tema otonomi daerah tahun ini, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreratif dan inovatif,” tandasnya.

Bupati menambahkan, titik berat otonomi daerah adalah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tidak lepas dengan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya birokrat dulu dengan sekarang sudah berbeda, dimana kalau dulu birokrat dilayani masyarakat, tapi kalau sekarang melayani masyarakat.

“Jadi harus diingat bahwa peluang otonomi daerah adalah untuk berbuat sebesar-besarnya bagaimana sebagai ASN bisa memajukan daerahnya masing-masing,” imbuhnya. (Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim