Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Komunitas Anjasura Perkenalkan Budaya Jatim di Langen Beksan Nemlikuran

Komunitas Anjasura Perkenalkan Budaya Jatim di Langen Beksan Nemlikuran
(naskah dan foto oleh: Beatrix Marcella Lourdes Imelda Boro untuk TerasJatim.com)

TerasJatim.com, Solo – Komunitas Arek Jawa Timur di Surakarta (Anjasura) menampilkan kesenian tradisional Jatim diacara Langen Beksan Nemlikuran, yang digelar di Joglo SMKN 8 Surakarta, Rabu (26/06/19).

Acara Langen Beksan Nemlikuran diprakarisai oleh alumni SMKN 8 Surakarta pada tahun 1980-an dan terus dilaksanakan pada tanggal 26 setiap bulannya. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Jatim pada masyarakat Solo.

Pada bulan ini, acara dimeriahkan oleh penampilan Komunitas Anjasura dengan 7 tarian tradisional Jatim, diantaranya Tari Ngremo, Tari Topeng Bapang, Tari Beskalan, Tari Gambuh, Tari Selap, Tari Cuduk Menur dan Tari Paju Gandrung.

“Yang membedakan dari tahun lalu, persiapannya lebih matang dan kita mendapatkan banyak donatur sehingga dapat mendatangkan Gamelan Banyuwangi,” ungkap Lambang, selaku panitia acara.

Menurut Lambang, acara ini juga bertujuan sebagai wadah bagi seniman-seniman Jatim di solo untuk berekspresi dan sarana melepas rindu dengan kebudayaan kampung halamannya. Sementara penampil merupakan mahasiswa dan alumni ISI yang berasal dari Jatim.

Abyor (25), salah satu penonton, mengatakan, acara ini merupakan kesempatan untuk berkumpul dan mengapresiasi seni. “Acaranya seru, semoga bisa lanjut terus jangan sampai berhenti dan makin meriah lagi,” imbuhnya. (Trix/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim