Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gunung Arjuna Terbakar, 12 Pendaki Asal Mojokerto Dalam Pencarian

Gunung Arjuna Terbakar, 12 Pendaki Asal Mojokerto Dalam Pencarian

TerasJatim.com, Batu – Sebanyak 12 orang pendaki asal Mojokerto, dikabarkan terjebak dalam kebakaran hutan di kawasan Gunung Arjuna. Hingga Senin (29/07/19) pagi, Tim SAR dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu masih terus melakukan pencarian.

“Dari kabar terakhir, tim SAR dari BPBD telah berhasil mengetahui titik koordinat 12 orang pendaki. Info dari teman-teman BPBD, mereka sudah sampai  di pos pendakian, tetapi kondisinya bagaimana, kami belum mengetahui persis, selanjutnya akan kami share beserta nama-namanya,” ungkap Achmad Choirur Rochim, Kasi kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Senin (29/07/19).

Menurutnya, dari informasi yang diterima  BPBD Kota Batu sampai dengan hari Senin (29/07/19) dinihari pukul 01.00 WIB, dari Total 90 orang pendaki,  47 orang yang terdata berhasil dievakuasi turun. 6 orang turun lewat jalur Purwosari.

“31 orang sudah turun namun tidak terdata karena sudah turun waktu pagi hari. Tersisa 12 orang yang masih dalam proses evakuasi turun,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam upaya pemadaman, ada 2 tim yang sudah berangkat mulai Minggu (28/07/19). Tim pertama berjumlah 9 orang dari warga beserta porter. Mereka berangkat sekitar Minggu siang pukul 11.00 WIB melalui jalur Pura Giri Arjuno.

“Tim kedua berjumlah 15 orang petugas Tahura R Soeryo berangkat sekitar pukul 12.30 WIB melalui jalur Brak Seng Sumber Brantas,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, dari informasi terakhir dari tim Jaguar FPRB Sumbergondo, titik api berada di blok kebut. Titik api menjalar ke arah barat, sebagian titik api sudah bisa dikondisikan. Sebagian lagi terkendala medan yang sulit karena titik api berada di tebing dengan jurang yang dalam. Kondisi angin bertiup cukup kencang.

“Untuk logistik tim sampai hari Minggu kemarin diperkirakan masih cukup. Jika ada kekurangan pada hari ini akan diberangkatkan tim untuk membawa dukungan logistik dari Resort Pujon,” jelas Rochim.

Terkait  personil  petugas pemadaman api, sambung dia, dukungan personil TRC BPBD Prov Jatim 10 orang dan dukungan logistik makanan siap saji 20 dus, tambahan gizi 20 dus, lauk pauk 20 dus,  sarung tangan 300 pasang, masker 2.000 buah.

Sedangkan instansi yang terlibat diantaranya dari BPBD Kota Batu, Tahura R Soerjo, BPBD Provinsi Jatim, Koramil Batu, Tagana, Masyarakat Kecamatan Bumiaji dan Relawan. (Kta/Red/TJ/HO-KBRN)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim