Iwan Fals Bakal Meriahkan Grebeg Suro 2016 di Ponorogo

Iwan Fals Bakal Meriahkan Grebeg Suro 2016 di Ponorogo

TerasJatim.com, Ponorogo –  Even budaya tahunan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, Grebeg Suro dan Festival Nasional Reyog Ponorogo, kembali digelar mulai tanggal 25 September hingga 4 Oktober mendatang.

Grebeg Suro yang menjadi ikon kota reyog tahun ini bakal lebih meriah dan spektakuler. Artis kondang Iwan Fals bakal mengguncang kota Ponorogo.

Secara sereamonial, Grebeg Suro akan dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tanggal 25 September lusa. Dilanjutkan esok harinya dengan bumi reyog bersholawat oleh Habib Syeich Abdul Qodir Assegaf di stadion Batoro Katong Ponorogo. Puluhan ribu jama’ah diperkirakan hadir memenuhi stadion.

“Grebeg Suro tahun ini dikonsep berskala nasional. Kami berusaha untuk menghilangkan kesan monoton. Sesuai dengan slogan kota Ponorogo sebagai kota santri yang religius dan berbudaya maka kami datangkan  Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf juga artis kawakan Iwan Fals. Semua ini kami konsep dengan baik agar even grebeg Suro ini bisa punya daya tarik bagi wisatawan lokal maupun luar daerah dan menjadi industri wisata bagi kota Ponorogo,” ungkap Sapto Djatmiko Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Olah Raga Ponorogo, kepada TerasJatim.com, Jumat, (23/09).

Lebihlanjut Sapto mengatakan, bahwa anggaran untuk Grebeg Suro tahun ini sekitar Rp1,6 miliyar. Sedangkan target untuk even sebesar ini hingga Rp2,4 miliyar, maka selebihnya pihak EO yang menutup niaya tersebut.

Grebeg Suro yang merupakan even budaya tahunan ini memberikan sumbangan PAD cukup besar. Tahun lalu PAD dari even ini mencapai Rp120 juta dari hasil penjualan tiket saja.

“Tahun ini saya optimis akan meningkat mengingat saat ini saja sudah terjual 8000 tiket dari pemesan luar daerah. Oleh karena itu konsep Grebeg Suro tahun ini dibuat berskala nasional agar tidak mengecewakan wisatawan. Sehingga tahun-tahun berikutnya mereka tetap ingin berkunjung ke sini lagi,” pungkas Sapto.

Sementara festival reyog Ponorogo tahun ini diikuti oleh 39 group reyog dari seluruh Indonesia seperti Batam, Jakarta, Surabaya dan tuan rumah Ponorogo sebanyak 16 group.

Bagi masyarakat yang ingin meriahnya grebeg suro dan menikmati aneka kuliner khas Ponorogo bisa datang langsung ke kota reyog mulai tanggal 25 September hingga 4 Oktober mendatang. (Any/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim