Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Suka Makan Cabai, Ini Manfaat Makanan Pedas

Suka Makan Cabai, Ini Manfaat Makanan Pedas

TerasJatim.com – Cabai bisa dikatakan jadi salah satu bahan utama bumbu masakan Indonesia. Hampir semua makanan enak di tanah air menggunakan cabai, karena kegemaran masyarakat kita pada rasa pedas.

Seperti ada yang kurang, jika di meja makan tak ada hidangan yang bercita rasa pedas, minimal sambal atau potongan cabai pun cukup.

Ternyata tak hanya menambah nafsu makan, pedas cabai juga bermanfaat bagi tubuh kita. Jadi memang tidak sekedar membuat perut mulas saja, namun kesehatan pun akan jadi lebih baik.

Berikut ini beberapa manfaat cabai untuk tubuh dan hidup Anda, seperti dilansir Sidomi dari laman Care2,

Melawan peradangan

Peradangan yang terjadi dalam tubuh mungkin tak diketahui. Padahal efeknya dapat menaikkan risiko diabetes, Alzheimer, penyakit kardiovaskular, radang sendi, bahkan kanker. Cabai punya zat antioksidan juga, sama seperti buah-buahan lainnya, yang baik untuk melawan peradangan (inflamasi).

Umur panjang

Sebuah studi yang digelar oleh Universitas Harvard dan Pusat Penyakit dan Pencegahan Kontrol China mengungkap bahwa makanan pedas bisa menurunkan risiko kematian hingga 14 persen. Alasannya, beberapa jenis penyakit berat dapat dihindari jika Anda rajin konsumsi cabai.

Melawan kanker

Zat dalam cabai bernama capsaicin membantu melawan tumbuh dan berkembangnya sel kanker. Pernyataan ini adalah hasil penelitian dari efek capsaicin terhadap perkembangan kanker prostat.

Mengatur gula darah

Capsaicin juga disebut-sebut dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, dan menekan nafsu makan.

Membantu menyehatkan metabolisme

Sistem metabolisme yang lambat dapat dipercepat dengan konsumsi cabai rawit. Ia akan meningkatkan fungsi pencernaan, termasuk penyerapan makanan.

Namun, tentu saja tidak disarankan berlebihan dalam mengonsumsi cabai karena bisa menimbulkan masalah pencernaan pula. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim