Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ranking FIFA Terbaru, Indonesia Naik 2 Strip

Ranking FIFA Terbaru, Indonesia Naik 2 Strip

TerasJatim.com – Ranking FIFA terbaru Januari 2018 memastikan Indonesia naik dua tingkat ke peringkat 160. Nilai yang dikumpulkan tetap sama, 121 angka.

Kekalahan telak timnas Garuda dari Islandia dengan skor 1-4 pada Minggu, 14 Januari lalu, tidak berpengaruh apapun. Pasalnya, laga tersebut tidak termasuk dalam pertandingan standar A-match versi FIFA.

Tidak adanya pertandingan resmi internasional FIFA sepanjang bulan Desember 2017 hingga Januari 2018, membuat nyaris tidak ada perubahan dalam peringkat FIFA.

Posisi 10 besar pun sama persis: Jerman di urutan pertama, disusul secara beruntun Brazil, Portugal, Argentina, Belgia, Spanyol, Polandia, Swiss, Prancis, dan Chile.

Akan halnya Indonesia, meskipun menjalani partai melawan Islandia, tidak mengalami pelonjakan atau penurunan poin. Hanya saja, jika sebelumnya Timnas Garuda ada di peringkat 162, kini mereka di level 160.

Posisi timnas Indonesia masih unggul dibandingkan dengan beberapa negara Asia Tenggara seperti Kamboja (peringkat 172) Singapura (peringkat 173), Malaysia (peringkat 175), dan Laos (183). Namun Indonesia ada di bawah Vietnam (peringkat 112), Filipina (peringkat 123), Thailand (peringkat 129), hingga Myanmar (peringkat 140).

Sebagai catatan, negara AFC (Asia) terbaik adalah Iran, peringkat 34 dunia. Mereka diikuti oleh Australia (peringkat 36), Jepang (peringkat 56), Korea Selatan (peringkat 59), dan Arab Saudi (peringkat 65). Cukup unik, Palestina mendapatkan 443 poin, dan ada di posisi 75. Mereka naik lima tingkat dari posisi di bulan Desember. Sementara itu negara Asia yang terburuk adalah Pakistan (201) yang hanya memiliki 15 poin.

Timnas Indonesia bisa melesat dua tingkat tidak terlepas dari  nasib Suriname. Negara di konfederasi CONCACAF tersebut turun 32 peringkat dari peringkat di bulan Desember 2017 lalu; dan kini memiliki 121 poin, sejajar dengan Indonesia.

Selain itu ada Belize, sesama negara dari CONCACAF yang juga merosot dratis. Semula Belize ada di peringkat ke-158. Namun, merek jatuh sampai 13 peringkat sehingga ada di posisi 171. Nilai mereka juga berkurang 20 poin.

Negara lain yang merosot secara ekstrem adalah Yaman, yang jatuh 18 tingkat ke peringkat 138. Namun posisi Yaman masih sangat jauh dari Indonesia. (Sis/Kta/Red/TJ/Sidomi)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim