Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemerintah Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga BBM Dalam Waktu Dekat

Pemerintah Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga BBM Dalam Waktu Dekat

TerasJatim.com – Pemerintah memastikan, dalam waktu dekat tidak akan ada kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi usai menyerahkan bonus kepada para atlet peraih medali Asian Para Games 2018, di Istana Bogor, Jabar, Sabtu (13/10) siang.

“Tidak. Wong sudah saya batalkan kok. Dengan hitung-hitungan, dengan angka-angka yang sangat realistis,” katanya.

Jokowi menjelaskan, kenaikan harga BBM, tidak hanya premium saja, tapi pertamax, DEX, dan lain-lain itu sudah dibicarakan pemerintah sebulan yang lalu.

“Sudah kita putuskan naik karena memang harga ICP dan Brent juga naik,” ujar Presiden.

Namun, lanjutnya, ada kalkulasi dan hitung-hitungan terkait inflasi, daya beli, pertumbuhan ekonomi serta nilai keuntungan Pertamina.

Jokowi mengaku, pemerintah harus menghitung dengan cermat karena hal ini menyangkut kepentingan dan kebutuhan rakyat yang nantinya bisa menjadikan konsumsi itu menjadi lebih rendah.

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi sekarang ini memang masih bertumpu 56 persen oleh konsumsi. Pemerintah, baru dalam proses membalikkan dari konsumsi ke produksi, tapi hal ini belum sampai.

“Kemarin setelah saya dapat laporan terakhir dari Pertamina berapa sih kalau kita naikkan segini, dihitung lagi keuntungan tambahan di Pertamina. Tidak signifikan (tambahan keuntungannya), ya sudah saya putusin premium batal,” ungkap Jokowi. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim