Pemerintah Akan Beri Beasiswa Bagi 500 Santri Berprestasi di Madura

Pemerintah Akan Beri Beasiswa Bagi 500 Santri Berprestasi di Madura

TerasJatim.com, Sumenep – Pemerintah akan memberikan beasiswa bagi 500 santri berprestasi dari pondok pesantren di Sumenep Madura, Jatim. Basiswa itu diberikan melalui proses seleksi kepada para santri terbaik.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menghadiri Halaqah Kebangsaan Ulama, Pengasuh Pesantren, dan Santri Berprestasi se-Madura, di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Kabupaten Sumenep, Minggu (08/10).

“Saya tadi sudah bisik ke Menteri Sekretaris Negara, Profesor Pratikno. Beliau ini dulu rektor Universitas Gajah Mada (UGM). Enaknya ini diapain 500 siswa? Kita akan beri beasiswa, tetapi diseleksi,” ujar Presiden.

Menurut Presiden, beasiswa tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Mengingat semakin dekatnya era kompetisi yang harus dihadapi setiap negara, termasuk Indonesia. Sehingga Presiden menginginkan perguruan tinggi terbaik untuk para santri berprestasi di Madura.

“Nantinya 15-20 tahun akan datang, akan terjadi kompetisi global yang sangat sengit. Kita memiliki sumber daya alam, tetapi kalau sumber daya manusianya tidak dibenahi, kalah bersaing kita,” ungkapnya.

Namun, Presiden bersyukur anak-anak muda Indonesia khususnya para santri memiliki karakter pribadi yang baik dan kuat serta mampu bersaing dengan negara-negara lain.

“Saya sangat bersyukur anak muda, santri, didampingi difondasi karakter yang baik. Oleh sebab itu, saya sekali lagi mengimbau kita semuanya terus berjuang baik dalam scope individu dan pesantren,” tutur Presiden.

Sebagai Presiden pertama yang hadir di pondok pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1952 tersebut, kehadiran Presiden disambut meriah dan antusias oleh para santri. Alunan drum band hingga hadrah turut menyambut kedatangan Presiden beserta rombongan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Sumenep kali ini, selain Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Presiden juga bersilaturrahmi ke dua ponpes lainnya, yakni Ponpes Annuqoyah Guluk-Guluk dan Ponpes Al-Karimiyah.  (Isk/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim