Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Makan Cepat Tanpa Dikunyah, Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Makan Cepat Tanpa Dikunyah, Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

TerasJatim.com –  Di era modern seperti sekarang, tak jarang semuanya dituntut lebih cepat. Bahkan karena alasan tak punya waktu, tak jarang  membuat Anda harus makan dengan cepat, bahkan tanpa mengunyah dengan baik.

Padahal jika kondisi itu berlangsung terus, maka yang rugi adalah kesehatan Anda sendiri.

Menurut ahli jantung NYU Langone Dr. Nieca Goldberg dari American Heart Association, waktu makan yang normal dan sehat setidaknya butuh 30 menit.

“Bila Anda makan perlahan, Anda lebih sadar akan makan Anda. Anda mengunyah makanan dengan benar dan memperlambat pencernaan,” ucap Goldberg seperti dilansir Sidomi dari laman TIME Health, Kamis, (15/03).

Makan dengan perlahan juga membuat Anda merasa kenyang dan tidak bermasalah dengan pencernaan. Misalnya perut jadi kembung, terasa begah, atau sakit karena makanan tidak dikunyah dengan halus.

Jika makanan tak dikunyah sampai halus, maka menyulitkan penyerapan nutrisi yang Anda konsumsi. Makanan yang belum dihaluskan oleh gigi serta bercampur dengan enzim di dalam mulut, maka ada beberapa nutrisinya yang tak bisa diserap secara maksimal oleh usus.

“Makanlah dalam situasi yang kondusif untuk makan. Jika di meja kerja Anda, Anda benar-benar perlu untuk tidak bekerja pada saat Anda makan,” tambah Goldberg.

Ia menyarankan untuk memotong kecil-kecil makanan di piring, lalu mengunyah dengan tenang serta bernapas santai saat makan.

Bila demikian cara makan Anda, maka gigi akan terbantu untuk menghaluskan makanan dengan baik dan proses cerna akan berjalan lancar. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim