Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kemensos Jadikan Kecamatan Ponggok Blitar Sebagai Kampung Siaga Bencana

Kemensos Jadikan Kecamatan Ponggok Blitar Sebagai Kampung Siaga Bencana

TerasJatim.com – Kementerian Sosial (Kemensos) menunjuk Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar Jatim. menjadi Kampung Siaga Bencana (KSB).

Kecamatan Ponggok merupakan KSB ke 630 di Indonesia dan KSB kedua yang dibentuk Kemensos di Blitar setelah sebelumnya Kecamatan Nglegok.

Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kemensos, Nur Pujianto, mengatakan, dipilihnya Kecamatan Ponggok sebagai KSB karena wilayah tersebut berpotensi tinggi dilanda angin puting beliung.

Selain itu, Kabupaten Blitar merupakan urutan ke 32 dengan Skor 210 dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim yang memliki kategori rawan bencana.

“Kecamatan Ponggok dipilih sebagai Kampung Siaga Bencana, karena daerah ini merupakan kawasan yang rawan terjadi bencana puting beliung, kekeringan dan kebakaran. Ponggok juga merupakan daerah rawan dilewati lahar dingin Gunung Kelud,” terangnya, Senin, (12/11).

Ia menjelaskan, pendirian KSB melibatkan semua pilar-pilar sosial termasuk pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) karena sebagian besar warga yang terdampak bencana adalah Keluarga Penerima Manfaat bantuan PKH.

“Sebagian besar penerima manfaat PKH adalah korban bencana, sehingga mereka juga harus sadar dan paham penanggulangan bencana. Kita berharap Pemkab Blitar bisa dapat memberikan dukungannya terhadap PKH agar dapat mencapai keluarga sejahtera mandiri dan siap dalam pelaksanaan penanggulangan bencana,” tandasnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim