Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kabareskrim: Terkait Pilkada Serentak, Suasana Jatim Kondusif

Kabareskrim: Terkait Pilkada Serentak, Suasana Jatim Kondusif

TerasJatim.com, Surabaya – Tahapan Pilkada Serentak 2018 di Jatim termasuk Pilgub Jatim dan Pilkada 18 kabupaten/kota telah melewati masa pendaftaran bakal pasangan calon

Sejauh ini, dari pantauan aparat kepolisian, belum ada laporan kejadian yang menonjol termasuk laporan adanya pelanggaran terkait pilkada.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto usai menggelar Rakor Operasi Mantap Praja Semeru 2018 di Surabaya, Senin (22/01). “Pelanggaran Pemilu belum ada di Jatim. Suasana juga relatif kondusif,” ungkapnya.

Menurutnya, serangkaian pengamanan menjelang pilkada telah dilakukan Polda Jatim. “Jadi, tahapan awal sebelum masuk ke tahapan Pemilu, Polda Jatim sudah melaksanakan kegiatan pendahuluan,” terang Ari.

Kegiatan pendahuluan yang dimaksud yakni serangkaian Operasi Cipta Kondisi hingga sosialisasi. Guna memastikan pengamanan Pilkada, Polri juga telah membentuk Tim Cyber Crime dan Satgas Money Politic di semua daerah.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi sejumlah kejadian yang memungkinkan terjadinya black campaign (kampanye hitam). “Satgas Money Politic dan Satgas Saber Crime adalah langkah preventif Polri,” tuturnya.

Ari juga menyampaikan, Tim Satgas Money Politic akan menindak setiap tindak pidana yang terkait dengan pasal politik, seperti sejumlah hal yang mengandung SARA, adu domba, hingga black campaign.

“Alhamdulillah sudah diumumkan, berarti orang kan sudah takut ya untuk melanggar. Tapi selama ini masih belum ada yang ditindak,” tukas jenderal polisi bintang tiga itu. (Jnr/Ah/Kta Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim