Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Hasil Sidang Isbat, Idul Adha 1439 H Jatuh Pada 22 Agustus

Hasil Sidang Isbat, Idul Adha 1439 H Jatuh Pada 22 Agustus

TerasJatim.com – Pemerintah menetapkan 1 Zulhijjah 1439 H jatuh pada tanggal 13 Agustus 2018. Dengan demikian 10 Zulhijjah atau hari Idul Adha jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018.

Penetapan tersebut disampaikan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin usai melaksanakan sidang Itsbat penetapan awal Zulhijjah, Sabtu (11/08).

Sidang Itsbat yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan ormas Islam, MUI dan sejumlah perwakilan negara sahabat itu menyatakan, sesuai laporan, posisi hilal di seluruh Indonesia masih berada di bawah ufuk.

“Petugas rukyatul hilal sampai sidang Itsbat ini berlangsung, tidak satupun di antara mereka menyaksikan hilal,” ujarnya.

Dari segi hisab dan rukyatul hilal, lanjutnya, maka berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 tentang penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah. Bulan Zulqa’idah 1439 Hijriyah disempurnakan, dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari.

Dengan demikian tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Senin 13 Agustus 2018, dan tanggal 10 Zulhijjah 1439 H jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018.

Sementara, perwakilan MUI KH Basri Bermanda menyampaikan, substansi fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 adalah penetapan awal Ramadan, Syawal dan Zulhijjah yang ditentukan dalam sidang Itsbat.

“Ini menjadi solusi dalam penentuan hari-hari besar keagamaan,” katanya.

Ia berharap di tahun-tahun berikutnya, umat Islam dalam satu pandangan dan dalam suasana kebersamaan dalam menghadapi hari-hari besar Islam lainnya. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim