Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cerita Pilkada di Trenggalek, Petugas Harus Memanggul Kotak Suara Menuju TPS

Cerita Pilkada di Trenggalek, Petugas Harus Memanggul Kotak Suara Menuju TPS

TerasJatim.com, Trenggalek – Wilayah Kabupaten Trenggalek Jatim yang  didominasi pegunungan, tak jarang membuat petugas pengamanan TPS Pilkada Jatim 2018 harus berjibaku saat mengawal pergerakan distribusi logistik baik dari PPK ke PPS maupun PPS ke TPS.

Seperti yang dialami oleh Bripka Her, yang sehari-harinya bertugas sebagai Kasihumas Polsek Dongko ini. Saat Pilkada Serentak kemarin, ia mendapatkan tugas untuk mengamankan 4 TPS di Desa Siki Kecamatan Dongko, sebuah desa yang berjarak 7  Km dari pusat Kecamatan Dongko.

“Dari 4 TPS, dua diantaranya TPS 2 dan TPS 7 distribusi logistik harus diangkut manual. Sebenarnya bisa dilalui menggunakan motor, tapi dengan pertimbangan jalan yang relatif sempit dan licin, kami putuskan memanggul sendiri secara bergantian.” jelas Heri.

Jarak yang ditempuh dengan jalan kaki tersebut bisa dikatakan lumayan jauh. Berkisar 5 km dari Balai Desa Siki tempat penyimpanan awal logistik Pilkada.

Belum lagi medan jalan yang dilalui berupa tanjakan dengan kondisi jalan makadam yang licin. Bahkan ia pun harus bermalam di salah satu rumah demi melaksanakan tugasnya dengan baik. Meskipun melelahkan, Heri mengaku menikmati perannya sebagai Petugas Pam TPS.

Menurutnya, dengan tugas yang diembannya, ia bisa mengenal masyarakat lebih dekat.

Sedikit berbeda dengan pengalaman yang diceritakan oleh Bripka Murtopo, anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek ini.

Ia terpaksa harus meminjam sepeda motor milik warga yang sudah dimodifikisasi sedemikian rupa, untuk bisa membawa logistik Pilkada menuju TPS 9 Dusun Njrambah Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak.

“Sepeda motor milik warga ini dimodifikasi untuk mengangkut hasil pertanian. Waktu dicoba pas dengan ukuran kotak suara ya kami pinjam agar lebih cepat dan lancar.” ujar Murtopo.

Bertugas di daerah pedesaan dengan wilayah pegunungan memang menjadikan kesan tersendiri bagi sejumlah petugas dari Polri dan TNI pada gelaran Pilkada Serentak di Trenggalek.

Namun, mereka mengaku gembira saat pelaksanaan Pilkada di daerah yang menjadi tanggung jawabnya berjalan dengan aman dan lancar. (Bud/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim