Bromo Tengger Semeru (BTS), Akan Jadi Wisata Andalan Indonesia di Pulau Jawa

Bromo Tengger Semeru (BTS), Akan Jadi Wisata Andalan Indonesia di Pulau Jawa

TerasJatim.com, Malang – Pemerintah pusat menunjuk Kabupaten Malang Jawa Timur sebagai salah satu wilayah destinasi khusus untuk tempat wisata. Tepatnya, area Bromo Tengger Semeru (BTS), akan menjadi wisata andalan Indonesia di Pulau Jawa.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya (Kemenkomar) yang mengkoordinir destinasi pariwisata prioritas nasional turun langsung ke Kabupaten Malang untuk melakukan persiapan pengembangan BTS.

Bupati Malang, Rendra Kresna, ketika menerima rombongan Kemenkomar yang dipimpin oleh Deputi II Kemenkomar bidang Sumber Daya Alam dan Jasa, Agung Kuswandono, menyatakan Kabupaten Malang siap mengemban tugas dari pemerintah pusat.

“Kami harus menangkap maksud baik pemerintah pusat, menyiapkan pariwisata yang bisa mendukung promosi Kabupaten Malang,” ujar Rendra.

Lebih lanjut ia jelaskan bahwa Kabupaten Malang memiliki daya dukung penopang pariwisata yang cukup komplet, mulai dari alam pantai, gunung, wisata sejarah hingga desa adat dan agrowisata.

Karena itu, ia akan mengintegrasikan tempat-tempat wisata di Kabupaten Malang agar setiap wisatawan yang berkunjung tidak hanya mengunjungi satu lokasi.

“Kami ingin orang tidak datang saja ke Bromo Tengger Semeru , tapi harus menikmati berbagai macam wisata lain. Masyarakat sekitar bisa memanfaatkan ekonomi kreatif, pemerintah memperoleh PAD (Pendapatan Asli Daerah),” ucap Rendra.

Ia berharap suatu waktu nanti Kabupaten Malang akan menjadi tujuan utama banyak orang yang ingin menyegarkan diri menjauhi kepadatan aktivitas di kota besar.  Istilahnya, Malang menjadi “obat stres” bagi masyarakat Indonesia dan luar negeri.

“Pariwisata enggak akan mati. Semakin maju wilayah, semakin banyak butuh wisata. Wisata itu dibutuhkan orang yang stres. Orang stres  bukan butuh obat, tapi butuh tempat pariwisata,” demikian Rendra. (Kta/Red/TJ/Rmol)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim