Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berinvestasi dengan Strategi yang Tepat

Berinvestasi dengan Strategi yang Tepat

TerasJatim.com – Beberapa masyarakat masih bertanya-tanya tentang apa itu investasi. Investasi memang familiar di telinga masyarakat. Namun masih banyak masyarakat masih belum paham apa definisi investasi, dan bagaimana caranya. Sehingga tak jarang investor mengalami kerugian. Namun akhir-akhir ini berinvestasi menjadi pekerjaan yang popular kembali.

Seperti yang kita ketahui, di tahun 2018 kemarin, mata uang Indonesia melemah dikarenakan dolar yang terus naik. Banyak perusahaan yang harus memutar otak bahkan gulung tikar dikarenakan bahan-bahan untuk produksi yang mereka gunakan adalah barang impor.

Beberapa perusahaan terpaksa mengganti bahan baku dan merogoh uang lebih banyak untuk menghasilkan kualitas yang sama. Tak sedikit perusahaan yang mengalami kerugian besar dalam keadaan tersebut. Dari situ investasi menjadi lebih diminati oleh perusahaan dan masyarakat biasa. Banyak perusahaan mencoba berinvestasi untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Saat ini berinvestasi menjadi hal yang banyak diminati oleh masyarakat di negara kita. Kebanyakan dari masyarakat belum memahami bagaimana cara berinvestasi dengan baik. Beberapa juga takut untuk berinvestasi, karena masih banyaknya modus penipuan dalam investasi, yang pada akhirnya membuat masyarakat takut berinvestasi.

Banyak dari masyarakat yang berinvestasi mengalami kerugian dikarenakan masih belum paham betul bagaimana cara berinvestasi dengan baik dan benar agar mendapatkan untung yang maksimal. Masyarakat perlu memahami apa itu investasi, strateginya, dani juga hal-hal lain yang harus dilakukan sebelum berinvestasi. Investasi merupakan penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan maupun perorangan dengan jangka waktu tertentu, dan bertujuan memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Ada banyak hal yang terlibat dalam investasi, beberapa diantaranya adalah jumlah dana dan tujuan dari investasi itu sendiri. Hal ini sangat bergantung pada dana yang akan diinvestasikan maupun berapa hasil yang ingin didapatkan dari setiap perusahaan maupun perorangan setelah berinvestasi.

Cara berinvestasi sebenarnya cukup mudah. Langkah pertama yang harus diambil adalah kita harus tahu bahwa investasi tersebut memiliki tujuan yang jelas. Mengapa tujuan menjadi sangat penting? Kembali seperti di awal, dengan tujuan, kita akan tahu langkah apa yang harus kita ambil selanjutnya. Tujuan juga akan mempengaruhi dimana kita akan menempatkan investasi itu nantinya. Tujuan dalam investasi juga berguna menentukan jangka waktu yang diinginkan.

Yang kedua adalah dana. Kita harus bsa menilai seberapa banyak dana yang bisa kita siapkan untuk investasi. Saat ini kita tidak memerlukan banyak dana untuk melalukan investasi. Dana yang kita miliki nantinya akan mempengaruhi investasi jenis apa yang akan kita pilih. Investasi yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini adalah emas, properti dan juga saham. Dana yang anda punya bisa anda sesuaikan dengan jenis investasi yang ada.

Dalam berinvestasi kita harus memahami risiko diri sendiri dari jenis investasi. Semua yang berhubungan dengan uang dan perputarannya, tidak akan terlepas dari untung dan rugi. Sebab dalam investasi, untung-rugi akan selalu beriringan. Maksud dari risiko diri sendiri sebagai investor adalah kita harus paham kemampuan kita secara finansial. Ketika seseorang telah memutuskan untuk melakukan investasi hal utama yang harus dilakukan adalah menyiapkan sejumlah dana, baik saat memulai investasi maupun selama proses investasi. Dalam hal ini artinya kita harus terlepas dari hutang dan memilki kondisi pendapatan yang stabil serta sejumlah dana ekstra.

Risiko kedua yang harus diperhatikan seorang investor, adalah risiko dari jenis investasi yang akan dipilih nanti. Dalam berinvestasi, selain untung rugi imbal balik dan risiko juga akan selalu beiriringan.

Ada banyak sekali jenis investasi, seperti investasi saham. Investasi ini memiliki risiko kerugian tinggi namun bisa menghasilkan imbal balik yang sangat besar. Banyak investor yang harus merelakan uangnya dan mengalami kerugian yang tidak bisa dibilang sedikit.

Lalu ada investasi emas. Jenis investasi ini sangat popular di kalangan masyarakat dan sangat di gemari. Harga emas yang bisa dibilang cenderung merambah naik dan stabil setiap tahunnya, membuat masyarakat lebih memilih jenis investasi ini.

Untuk memperoleh keuntungan yang maksimal, kita harus tahu strategi apa saja yang harus dilakukan saat berinvestasi. Strategi penanaman modal wajib dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Strategi ini sering dilakukan adalah sistem diversifikasi. Diversifikasi adalah sistem di mana investor menyebar modal yang dimiliki ke beberapa jenis investasi.

Sistem diversifikasi juga dapat diterapkan pada satu jenis investasi. Misal, investor memilih investasi saham, yang kemudian menyebarkannya ke lebih dari satu perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memperkecil risiko kerugian pada imbal balik yang akan didapatkan nanti. Apabila salah satu perusahaan mengalami kebangkrutan, maka posisi investor masih terbilang aman dikarenakan masih memilik saham di perusahaan lain. Cara ini tergolong sangat umum di lakukan oleh para investor.

Lalu yang terakhir, adalah menentukan saat yang tepat juga jangka waktunya. Memang tampak sederhana, tapi poin ini memiliki pengaruh sangat besar. Apapun jenis investasi yang dipilih nanti, waktu akan mempengaruhi perkembangan uang. Pada dasarnya, untuk berinvestasi kita harus menentukan waktu yang tepat, karena semakin dini memulai maka semakin cepat pula kita mendapatkan hasilnya. Misal anda mengambil jangka waktu 4 tahun. Dan dalam kurun waktu 3 tahun nanti akan ada anak anda yang harus memasuki jenjang perkuliahan. Jika anda berinvestasi sekarang, maka keputusan anda adalah sangat bijak. Itu semua merupakan dasar dari cara berinvestasi yang sebaiknya dipahami oleh masyarakat atau para pemula.

Jika anda masih mengalami kesulitan, pastikan untuk mengikuti panduan khusus yang telah disediakan oleh pihak-pihak perantara investasi. Untuk tahapan standarnya, anda dapat dengan mudah menemukannya di situs-situs internet. Namun jika anda ingin memperoleh pengetahuan yang lebih mendetail tentan cara berinvestasi, anda bisa menggunakan penasihat khusus. Dan tentunya anda harus menyiapkan dana khusus untuk jasa. Atau jika anda bermasalah dengan dana atau modal yang minim. Anda bisa menyesuaikan jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan anda dan tidak memerlukan dana besar. Selamat mencoba berinvestasi.

(Novia Rahmatiara Sukma Rani, mahasisiwi Fak EkBis jurusan Manajemen UMM)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim