Baru Selesai Dibangun, Tanggul Proyek JITUT di Lamongan Ambrol

Baru Selesai Dibangun, Tanggul Proyek JITUT di Lamongan Ambrol

TerasJatim.com, Lamongan – Diduga salahi bestek dalam pengerjaannya, bangunan tanggul irigasi pertanian di Desa Tangungan Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan Jawa Timur, yang belum lama di bangun, ambrol.

Ratusan petani yang berada di wilayah tersebut merasa resah karena tanggul yang diharapkan bisa memperlancar saluran irigasi, kini akibat material tanggul yang jebol tersebut justru dikhawatirkan dapat menjadi pemicu pendangkalan sungai.

Ironisnya tanggul yang merupakan proyek Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani atau JITUT ini baru dua bulan selesai pengerjaan. Parahnya lagi, tanggul sepanjang tujuh puluh meter ini mengalami kerusakan total.

Nasir salah satu petani desa setempat menuturkan, selama pengerjaan, wargai menilai kontraktor terkesan asal-asalan, sehinngga kualitas bangunan sangat buruk.

“Seharusnya dalam pengerjaannya, tanggul diberi penyangga berupa besi. Namun pihak pemborong langsung memasang batu saja yang akibatnya bangunan mudah ambrol, ini sangat merugikan petani,” ujarnya.

Tak beda dengan penilaian warganya, menurut Yaskun Kepala Desa Tanggungan, ambrolnya bangunan sepanjang tujuh puluh meter tersebut diduga akibat bangunan yang tidak sesuai RAB dalam pengerjaannya.

Saat ini pihaknya hanya bisa berharap niat baik pemborong untuk bertanggung jawab dan segera memperbaiki tanggul yang sesuai dengan standar bangunan yang semestinya.

“Kami berharap semua pihak yang terkait ikut mengawasi dalam pengerjaan proyek, sehingga kejadian ambrolnya tanggul seperti itu tidak terjadi di tempat lain,” ungkap Yaskun.

Atas ambrolnya tanggul tersebut, petani mengancam akan melaporkan ke dinas terkait dan aparat kejaksaan jika pemborong tidak kunjung turun tangan. (Faiz/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim