Badrodin Haiti, Masuk Bursa Bakal Calon Gubernur Jatim

Badrodin Haiti, Masuk Bursa Bakal Calon Gubernur Jatim
Mantan Kapolri, Jenderal (purn) Badrodin Haiti

TerasJatim.com, Surabaya – Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur, masih satu setengah tahun lagi. Namun gaung dan persiapannya sudah mulai terasa dari sekarang.

Beberapa partai politik yang ada di Jawa Timur, kini sudah mulai memunculkan nama-nama untuk menjadi kandidat calon gubernur menggantikan gubernur sekarang, Soekarwo.

Salah satunya yang terbaru, adalah nama Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Badrodin Haiti. Badrodin, disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2018 nanti.

Beberapa partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jatim yakni Partai Gerindra, PAN, PPP, dan PKS juga mulai melirik pria asal Jember itu untuk diusung pada Pilgub Jatim.

Sekretaris DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengaku, Nadrodin yang juga perna mejabata Kapolda Jatim itu memiliki pengalaman yang baik saat bertugas di Jatim. Bahkan Badrodin juga memiliki kedekatan emosional dengan Nahdliyin.

Alasan itulah yang menjadi pertimbangan penting bagi PKS untuk melirik Badrodin Haiti sebagai bacagub alternatif pada Pilgub Jatim mendatang,” kata Irwan Setiawan, seperti dilansir Metrotvnews, Senin kemarin.

Menurut anggota Komisi C DPRD Jatim itu, sejak awal PKS dan parpol Koalisi Jatim untuk memunculkan calon alternatif yang layak memimpin Jatim lima tahun ke depan. “Kami ingin memunculkan sebanyak-banyaknya calon alternatif yang dinilai layak maju di Pilgub Jatim. Namun keputusan akhir dukungan tentu ada mekanisme yang harus dilalui oleh masing-masing parpol,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Jawa Timur Musyaffa` Noer juga membenarkan Badrodin Haiti sebagai bacagub alternatif pada Pilgub Jatim 2018. Sosok mantan Kapolri itu dinilai layak karena memiliki kapasitas, popularitas, dan elektabilitas yang patut diperhitungkan.

“PPP Jatim tentu akan mempertimbangkan jika nama Badrodin Haiti benar-benar jadi maju di Pilgub Jatim. Namun keputusan dukungan PPP tentu harus melalui mekanisme yang sudah diatur dalam AD/ART partai,” kata Musyaffa` Noer yang juga Ketua Fraksi PPP DPRD Jatim itu.

Hal senada juga datang dari Bendahara DPW PAN Jawa Timur, Agus Maimun. Ia menilai semakin banyak calon alternatif yang dimunculkan ke publik tentu akan semakin baik bagi masyarakat Jatim dalam memilih calon pemimpin yang sesuai dengan hati nuraninya.

“Mantan Kapolri itu memang sangat layak. Biarlah nanti masyarakat yang akan menentukan siapa calon alternatif dari Koalisi Jatim yang paling layak untuk diusung maju di Pilgub Jatim 2018,” ujar Agus yang juga anggota Komisi B DPRD Jatim itu.

Saat ini, sejumlah nama kandidat bakal cagub dan cawagub Jawa Timur muncul ke publik. Mereka antara lain Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa, Abdul Halim Iskandar (Ketua DPW PKB Jatim), Hasan Aminuddin (Anggota DPR RI NasDem), Tri Rismaharini, Hadi Prasetyo (Asisten II Setdaprov), Saiful Rachman (Kadiknas Jatim), dan Irjen Pol Anton Setidji (Kapolda Jatim). (Ah/KTa/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim