3 Pendaki Semeru yang Hilang Tersesat Ditemukan Selamat

3 Pendaki Semeru yang Hilang Tersesat Ditemukan Selamat

TerasJatim.com, Lumajang – Setelah dilakukan upaya pencarian, tiga orang pendaki yang dilaporkan hilang karena tersesat di Gunung Semeru, akhirnya ditemukan, Selasa sore kemarin.

Ketiganya ditemukan dalam keadaan lemas karena kehabisan perbekalan di sekitar tebing Aru Blok Blank 75, kawasan Kali Mati.

Mereka adalah Joko Rubianto, warga Dusun Sekaru Desa Sukopinggir Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, Charles Simbolon, warga Palembang serta Abd Rohman, warga Kabupaten Bangkalan, Madura.

Menurut laporan tim pencari, para pendaki yang hilang itu dapat ditemukan setelah mereka masih bisa mengirimkan SMS di lokasi terakhir.

“Kami telah menemukan kantung kresek di sekitar perkemahana Kali Mati, dan para survivor sempat mengabarkan di lokasi awal tidak bisa bergerak karena hujan badai,” kata Ocik, ketua tim pencari Selasa (03/01) malam.

Ketiganya kemudian dibawa ke Desa Ranupani untuk pemeriksaan kesehatan dan istirahat.

Sebelumnya, ketiga pendaki tersebut dilaporkan tersesat dalam pendakian menuju puncak Mahameru. Lantaran akibat cuaca hujan dan kabut yang tebal, mereka kemudian membatalkan rencananya untuk naik ke puncak Mahameru.

Ketika menuruni puncak gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu, ketiganya tidak menemukan arah jalan turun ke Kalimati.

Sekadar diketahui, mulai hari ini, Rabu (04/01), jalur pendakian Gunung Semeru akan ditutup total untuk alasan pemulihan ekosistem hutan. Penutupan ini hingga batas waktu yang belum ditentukan. Dipekirakan, penutupan ini akan berlangsung hingga 3 bulan ke depan. (Luk/Red/TJ)

Tiga Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Semeru

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim