Tiga Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Semeru

Tiga Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Semeru

TerasJatim.com, Lumajang – Diduga tersesat, tiga pendaki di Gunung Semeru dilaporkan hilang saat mereka dalam perjalanan turun dari Puncak Mahameru menuju arah jalan turun ke Kalimati., Selasa (03/01) pagi.

Ketiganya adalah Joko Robianto, 26 tahun, asal Jombang, Jawa Timur. Sedangkan dua pendaki lainnya belum diketahui identitasnya.

Informasi yang dihimpun, hilangnya ketiga pendaki ini bermula dari  salah satu pendaki yakni Joko, yang mengabarkan kepada kerabatnya di Surabaya, jika ia dan dua temannya tersesat di puncak Gunung Semeru.

Atas kabar itu, teman pendaki ini langsung melapor ke relawan  Gunung Semeru.

Komandan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Wawan Hadi membenarkan kabar adanya pendaki yang tersesat di Gunung Semeru.

Wawan juga membenarkan salah seorang pendaki yang diduga tersesat bernama Joko. “Joko menghubungi seorang kerabatnya di Surabaya dan menceritakan dia sedang tersesat di Semeru,” ujar Wawan, seperti dilansir Tempo, Selasa (03/01).

Menurut Wawan, Joko berada di tempat yang masih terdapat sinyal telepon seluler sehingga masih bisa memberikan kabar kepada kerabatnya di Surabaya.

Wawan mengatakan, mendapati laporan tersebut, Senin malam pihaknya sudah menerjunkan dua tim, masing-masing berjumlah 10 orang untuk penelusuran awal dari arah Dusun Tawonsongo, Desa Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, dan Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Hingga saat ini belum diketahui secara tepat posisi ketiga pendaki itu.

Sementara Kapolsek Senduro AKP Jaman mengatakan, pihaknya juga sudah menerima kabar pendaki tersesat itu. “Sekarang masih dalam penelusuran. Masih belum dilakukan SAR terbuka. Masih menunggu 24 jam dulu,” katanya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Adapun sumber Tempo di TN BTS membenarkan ihwal adanya laporan pendaki tersesat itu.

Sebelumnya seperti yang santer diberitakan, TN BTS akan menutup jalur pendakian ke Gunung Semeru mulai besuk, Rabu, 4 Januari 2017 hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan ini dilakukan lantaran kondisi jalur pendakian yang rusak karena cuaca alam dan banyaknya sampah yang harus dibersihkan. (Luk/Kta/Red/TJ)

Mulai 4 Januari Jalur Pendakian Gunung Semeru di Tutup Sementara

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim