Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pelatihan Paskibraka Jatim Dimulai

Pelatihan Paskibraka Jatim Dimulai

TerasJatim.com, Surabaya – Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim Supratomo, membuka pelaksanaan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Jatim di Gedung Islamic Center Surabaya, Selasa (06/08/19)  malam.

Menurut Supratomo, pengibaran bendera pusaka dalam rangka peringatan hari kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia merupakan upacara kenegaraan yang sangat sakral. Pada hakekatnya ini merupakan ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Harus ada tekad untuk menjaga NKRI demi kejayaan bangsa di masa depan. Pemuda merupakan penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang,” jelasnya.

Supratomo berharap seluruh peserta pelatihan Paskibraka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam mengibarkan bendera pusaka. “Tunjukan kompetensi terbaik kalian agar pelaksanaan pengibaran dan penurunan sang merah putih dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Supratomo yakin para Paskibra Jatim penuh rasa tanggung jawab, karena mereka merupakan putra-putri terbaik dari kabupaten kota se Jatim yang telah direkrut dan diseleksi secara bertahap melalui sistem Pendidikan dan Pelatihan yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Selain itu juga penguatan aspek mental dan fisik agar memiliki kemampuan yang prima dalam melaksanakan tugas pengibar bendera pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik pada tanggal 17 Agustus.

Supratomo menekankan kepada seluruh peserta, bahwa peran Paskibraka tidak semata hanya menaikkan dan menurunkan bendera. Namun lebih dari itu mampu mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kepeloporan sehingga menjadi suri tauladan dan contoh di kalangan generasi muda lainnya.

“Ikutilah seluruh aturan yang telah ditentukan baik dari pelatih Pembina maupun panitia agar pelaksanaan latihan ini dapat berjalan dengan lancar,” pintanya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim