Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Longsor di Tulakan Pacitan, Terjang Rumah Warga

Longsor di Tulakan Pacitan, Terjang Rumah Warga

TerasJatim.com, Pacitan – Setelah diguyur hujan deras sejak siang hari, bencana tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pacitan. Kali ini, tanah longsor menerjang rumah Kayati, warga di RT01 RW05, Dusun Sempu, Desa Bungur, Kecamatan Tulakan.

Menurut keterangan Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/08 Tulakan Kapten Arm Agus Wahono, peristiwa tersebut mengakibatkan teras rumah dan talud pengaman dengan panjang 8 meter dan tinggi 4 meter ambrol.

“Kejadiannya sekitar pukul 14.40 WIB, setelah diguyur hujan sejak pukul 13.00 WIB,” jelasnya, Jumat (15/03/19) sore.

Agus mengatakan, beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Namun kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Kerugian sekitar Rp20 juta, karena selain teras rumah rusak, talud pengaman rumah jebol,” imbuhnya kepada TerasJatim.com.

Menurutnya, kejadian tersebut diakibatkan karena curah hujan yang cukup tinggi dan kontur tanah yang labil sehingga tidak mampu menahan debit air.

Adapun tindakan yang dilakukan, Babinsa bersama warga sekitar melaksanakan kerja bhakti dengan alat seadanya untuk membersihkan tanah longsoran.

Pantauan di lokasi, hingga berita ini dikirim di wilayah Kecamatan Tulakan masih diguyur hujan dengan intensitas sedang.

“Kita imbau kepada masyarakat sekitar agar lebih hati-hati dan waspada menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi Pacitan,” tandasnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim