Kapolda Jamin Perayaan Natal di Jatim Aman

Kapolda Jamin Perayaan Natal di Jatim Aman

TerasJatim.com, Surabaya – Jajaran kepolisian di Jatim menjamin keamanan masyarakat Nasrani dalam melakukan misa Natal di gereja. Hal itu ditegaskan Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Selasa (24/12/19) petang.

Luki menyebut, situasi di wilayah Jatim terpantau aman. Ia pun menjelaskan, pengamanan ini dilakukan dengan cara khusus yang lebih sederhana namun tetap waspada. Hal ini agar tidak menimbulkan ketakutan hingga kekhawatiran dalam masyarakat.

“Kita berikan kepada masyarakat supaya tidak ada rasa ketakutan. Jadi kami tetap memprioritaskan pengamanan, bukan berarti kita dengan operasi ini masyarakat justru menjadi takut,” katanya.

“Tapi alhamdulillah kita lihat sendiri dari laporan perwira yang kami tugaskan bahwa masyarakat Jatim yang saat ini sedang merayakan dan mengikuti kebaktian, berbondong-bondong membawa anak, keluarga semua nenek juga pada datang, ini sebagai bentuk Jatim aman,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Luki menambahkan, selain pengamanan, para kiai dan habib di Jatim turut mendoakan kelancaran ibadah dan pengamanan ini. Luki berjanji, pihaknya akan melakukan semuanya dengan all out.

“Kami melihat kebahagiaan, bisa ditanya bagaimana masyarakat menuju gereja. Kami berikan all out dan didukung para kiai, habib untuk doa semuanya untuk Jatim,” lanjutnya.

Saat ditanya berapa jumlah personel yang mengamankan gereja, Luki mengatakan, pihaknya menyesuaikan kapasitas gereja. Jika gerejanya besar dan memiliki jemaat banyak, tentu pihaknya akan memberikan pengamanan lebih.

“Beragam personelnya, sesuai dengan jumlah di mana misa berlangsung jadi kita disesuaikan,” pungkas dia. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim