Rangkaian Hari Jadi ke-248, Banyuwangi Gelar Festival Kuliner Khas Lokal

Rangkaian Hari Jadi ke-248, Banyuwangi Gelar Festival Kuliner Khas Lokal

TerasJatim.com, Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi akan merayakan hari jadinya pada 18 Desember mendatang. Untuk memeriahkannya ada serangkaian kegiatan, yang salah satunya adalah Festival Kuliner Makanan Khas .

“Festival kuliner ini selain untuk mempromosikan makanan khas Banyuwangi, juga sebagai wadah bagi pengusaha kecil kuliner untuk memasarkan masakan terbaik dan kreativitas mereka,” kata Wabup Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, saat membuka Festival Kuliner dalam rangka menyambut Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248, Sabtu (14/12/19) malam.

Festival makanan khas lokal ini nyaman untuk dikunjungi pengunjung sambil bersantai atau berkumpul bersama keluarga. Stan makanan pun ditata dengan menarik menggunakan bahan-bahan alam yang terbuat dari bambu dan rumbai-rumbai dedaunan sebagai atapnya.

“Kami ingin setiap kegiatan yang diselenggarakan pemkab memberikan multiplier effect. Kami ajak para pelaku usaha kecil untuk terlibat dalam setiap event untuk menjemput peluang yang ada,” kata Yusuf.

Dalam pembukaan Festival Kuliner ini, juga dihadiri Ipuk Fiestiandani (istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas), mereka tampak menikmati kuliner uling yang dijajakan oleh pelaku usaha sentra kuliner di Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo.

Terpisah, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, kuliner merupakan bagian penting dari pengembangan wisata di Banyuwangi. Menurutnya, kuliner lokal saat ini telah menjadi destinasi wisata tersendiri dan banyak diburu wisatawan.

“Ke depan, festival makanan akan selalu mengiringi kegiatan-kegiatan besar yang bakal dihelat Banyuwangi. Kami akan memperbanyak agenda festival kuliner dalam Banyuwangi Festival 2020. Karena kuliner lokal telah menjadi salah satu yang diburu pelancong setiap mengunjungi suatu kota,” paparnya.

Puncak acara Hari Jadi Banyuwangi 2019 akan dilaksanakan pada Rabu (18/12/19) di Taman Blambangan. Pada momen tersebut akan diserahkan penghargaan Banyuwangi Award 2019 kepada belasan orang yang dinilai berkiprah besar dalam mengembangkan Banyuwangi dari berbagai bidang.

Pada malam itu juga akan dihadirkan penyanyi nasional irama campursari, Didi Kempot. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim