Walikota Inginkan Dua Calon Dirut Kebun Binatang Surabaya Diuji Ulang

Walikota Inginkan Dua Calon Dirut Kebun Binatang Surabaya Diuji Ulang

TerasJatim.com, Surabaya – Rekam jejak dua nama calon Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) belum disetujui sepenuhnya oleh Wali Kota Tri Rismaharini.

Dua nama itu adalah Aschta Boestani Tajudin (direktur operasional yang kini menjadi Plt Dirut) dan Khairul Anwar.

Dilansir dari JPNN, Bu Risma, sapaan Walikota Surabaya, meminta nama yang disodorkan badan pengawas itu diuji ulang dan ditelusuri.

Ketua Badan Pengawas PDTS KBS Heri Purwanto mengatakan, saat ini penelusuran rekam jejak berada di tangan bagian perekonomian pemkot. “Bu Wali ingin lebih merapatkan lagi fit and proper test terhadap dua calon Dirut yang sudah kami serahkan,” ujar Heri.

Kepala Bagian Perekonomian Khalid membenarkan permintaan wali kota untuk menguji ulang kandidat Dirut PDTS KBS. Khalid telah menyiapkan guidelines untuk proses tersebut. “Nanti kami libatkan para expert dari luar. Ada ahli akuntansi, hukum, bisnis, dan konservasi,” katanya.

Apakah seleksi ulang itu akan melibatkan instansi lain, semisal pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan (PPATK) untuk menelusuri rekam jejak calon? Khalid mengatakan, prosesnya tidak sampai begitu. Jika pemkot benar-benar berniat, hal semacam itu seharusnya dilakukan.

Proses seperti itu kini banyak dilakukan untuk seleksi calon direktur jenderal di sejumlah kementerian dan lembaga. Dari penelusuran PPATK, bisa diketahui apakah calon tersebut pernah punya transaksi keuangan mencurigakan atau tidak.

Proses seleksi ulang dijadwalkan bisa tuntas 10 hari mendatang. Selanjutnya, hasil seleksi akan diberikan lagi kepada wali kota. (Tom/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim