Perkuat Kamtibmas, 569 Polisi di Jombang Disebar ke Tingkat RW

Perkuat Kamtibmas, 569 Polisi di Jombang Disebar ke Tingkat RW

TerasJatim.com, Jombang – Sebanyak 569 personel Polres Jombang disebar hingga ke tingkat Rukun Warga (RW). Hal ini merupakan program Baharkam Polri yang direspon dengan cepat oleh jajaran Polres Jombang untuk meningkatkan keamanan ketertiban dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kota Santri tersebut. Penugasan Polisi RW ini dimulai dengan apel gelar pasukan di lapangan Mapolres Jombang, Rabu (17/05/23).

Dalam arahannya, Kapolres Jombang, AKBP Eko Bagus Riyadi mengatakan, 569 personel yang akan ditugaskan di 2.261 RW pada 302 desa dan 4 kelurahan tersebut, terdiri dari anggota Polres hingga Polsek jajaran yang bukan anggota Bhabinkamtibmas. Nantinya, Polisi RW akan memperkuat Bhabinkamtibmas yang sudah ada di masing-masing desa atau kelurahan.

“Polisi RW ini nanti akan memback up para petugas Bhabinkamtibmas di masing-masing desa atau kelurahan yang ada untuk melaksankan deteksi dini persoalan yang ada di lingkungan masyarakat,” ujar Eko, kepada wartawan usai apel gelar pasukan.

Dijelaskan Eko, Polisi RW ini akan bertugas untuk mendeteksi dini kriminalitas di masyarakat. Selain itu, berkolaborasi dengan ketua RW, kepala desa, lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, untuk membangun kerukunan sesama tetangga. Serta membantu menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang ada di masyarakat.

“Polisi RW dibentuk untuk mendeteksi dini kriminalitas di masyarakat. Selain itu mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan di lingkungan RW,” sambung dia.

Diharapkan dengan dibentuknya Polisi RW ini juga dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri yang mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri.

“Mari kita wujudkan dan kita laksanakan bersama tugas Polisi RW guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Jombang,” pungkasnya. (Abu/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim