Sungai Unut Meluap, Warga Sutojayan Blitar Kebanjiran

Sungai Unut Meluap, Warga Sutojayan Blitar Kebanjiran

TerasJatim.com, Blitar – Hujan deras sejak semalaman hingga pagi hari tadi yang mengguyur wilayah Kabupaten Blitar Jawa Timur, menyebabkan sungai Unut di Kelurahan Sutojayan Kabupaten Blitar meluap.

Akibatnya, sejumlah rumah di area pemukiman warga terendam banjir.

Ketinggian air di dalam rumah mencapai 10 cm. wargapun harus memindahkan barang perabotan rumah tangga mereka ke tempat yang lebih tinggi.

“Banjir terjadi sejak dini hari tadi mas. Kita terus berjag-jaga khawatir ada banjir susulan. Selain itu, kita juga tidak bisa beraktivtitas,” aku Toto Sumargono, warga Kelurahan Sutojayan.

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam jalan desa penghubung antar Kecamatan. Ketinggian air di jalan mencapai 50 cm.

Beberapa warga yang nekat melewati jalanan banjir, terpaksa harus mendorong kendaraannya yang mogok akibat mesinnya kemasukan air.

“Saat ini kita sedang mendata rumah warga yang terendam banjir. Selain merendam permukiman penduduk, banjir juga merendam areal persawahan petani. Padahal, tanaman padi milik petani sebentar lagi panen. Dikhawatirkan, jika air tidak segera surut, banyak petani yang gagal panen,” terang Serda Bagio, Babinsa Kelurahan Sutojayan.

Warga berharap, agar Pemkab Blitar segera memperbaiki tangul sungai Unut yang jebol, supaya banjir tidak terjadi lagi. Karena banjir di wilayah Sutojayan terjadi hampir setiap tahun di musim penghujan. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim