Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Presiden Resmikan Ruas Tol Ngawi – Kertosono

Presiden Resmikan Ruas Tol Ngawi – Kertosono

TerasJatim.com, Madiun – Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Ngawi – Kertosono (Seksi Ngawi – Wilangan, tepatnya di pintu Tol utama 1 Madiun Desa Bagi Kabupaten Madiun Jatim, Kamis (29/03).

Peresmian ditandai dengan penempelan uang elektronik oleh Presiden Jokowi, bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, Gubernur Jatim Soekarwo, anggota Komisi V DPR RI Gatot Sudjito, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Operasi II PT Waskita Karya Nyoman Wirya Adnyana dan Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya Iwan Moedyarno.

“Alhamdulillah, tol Ngawi – Wilangan sudah tersambung 51 KM, dan tol Ngawi hingga Surabaya bisa juga digunakan mudik lebaran mendatang,” tegas Presiden saat peresmian, Kamis (29/03) siang.

Dikatakan oleh Presiden, tanah yang dibuat Tol Ngawi – Kertosono ini dulu dipegang oleh investor asing asal Australia. Namun, pada 2015 diambil alih oleh pemerintah yang kemudian digarap oleh PT Waskita dan Jasa marga untuk dibuat jalan tol.

“Target saya, akhir 2018 dari Merak sampai Pasuruan sudah tersambung. Dan akhir 2019 dari Merak sampai Banyuwangi sudah tersambung,” ujar orang nomor satu di Indonesia itu.

Adapun, ruas tol Ngawi-Kertosono yang diresmikan tersebut merupakan bagian dari ruas Tol Solo-Ngawi-Kertosono yang dibangun oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (PT NKJ).

Peresmian ruas Ngawi-Wilangan ini mendahului dua ruas lainnya karena infrastruktur dinilai lebih siap. Sementara ruas tol Solo-Ngawi oleh PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) dan Wilangan-Kertosono oleh pemerintah belum selesai pembangunannya.

Total panjang jalan Tol Ngawi-Kertosono mencapai 87,5 km dan dari ruas ini sepanjang 52 km dikerjakan oleh PT NKJ dengan nilai investasi Rp 3,83 triliun untuk ruas Klitik, Ngawi-Wilangan, Nganjuk. Sisanya yakni ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 37 kilometer dikerjakan pemerintah.

Tol Ngawi-Kertosono memiliki empat gerbang tol (GT) yang juga telah diuji kelayakannya. Yakni Gerbang Tol (GT) Ngawi (dioperasikan oleh PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), GT Madiun di Dumpil Balerejo, GT Mejayan di Caruban, dan GT Wilangan di perbatasan Kabupaten Madiun-Nganjuk di Desa Pajaran Kecamatan Saradan. Tiga GT terakhir dikelola oleh PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ). (Jnr/Bud/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim