Panglima TNI Bersama Seluruh Kepala Staf Berziarah ke Makam Bung Karno di Blitar

Panglima TNI Bersama Seluruh Kepala Staf Berziarah ke Makam Bung Karno di Blitar

TerasJatim.com, Blitar – Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo berziarah ke makam Bung Karno, yang terletak di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Jatim, Senin (18/09) siang.

Ziarah ini dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI yang puncaknya akan digelar pada 5 Oktober mendatang.

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), serta Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) serta panglima Kodam se-Indonesia.

Kedatangan puluhan jenderal TNI tersebut disambut langsung para pejabat daerah, seperti Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Blitar Rijanto dan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar.

Usai berziarah, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantiyo juga  menjelaskan terkait instruksinya, agar seluruh prajuritnya untuk menggelar nonton bareng film G30S/PKI. Menurutnya, tidak ada tujuan lain terkait instruksi itu kecuali untuk mengingat sejarah bangsa Indonesia.

“Pemutaran film  G30S/PKI itu adalah untuk mengingatkan generasi muda tentang sejarah bangsa. Dan juga agar generasi muda ingat, akan sejarah kelam bangsa Indonesia yang pernah dikudeta oleh PKI,” terang orang nomer satu di jajaran TNI ini.

Meski saat ini banyak ormas yang memprotes pemutaran film G30S/PKI, namun Jendral Gatot menegaskan jika yang berhak melarang hanya pemerintah. Bahkan Menteri Dalam Negeri juga sudah memberikan lampu hijau terkait hal itu.

“Emang saya pikirin, Mendagri saja sudah bilang silahkan. Mau jadi apa bangsa ini jika kita tidak boleh menceritakan sejarah,” tegasnya.

Usai dari makam Bung Karno di Kota Blitar, Panglima TNI dan rombongan juga akan berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid di Jombang.

Selanjutnya rombongan akan berziarah ke makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giri Bangun di Solo Jateng, serta ke makam Panglima Besar Jenderal Sudirman.(Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim