Jenazah Korban Hercules Jatuh di Wamena, Akan Tiba di Malang Malam ini

Jenazah Korban Hercules Jatuh di Wamena, Akan Tiba di Malang Malam ini

TerasJatim.com, Malang – Sebanyak 12 jenazah kru korban pesawat Hercules A-1334 dijadwalkan akan tiba malam ini di Lanud Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, sekitar pukul 19.00 WIB.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdulrachman Saleh, Marsma RM Djoko Senoputro mengatakan, seluruh jenazah sudah berhasil dievakuasi. Tim sedang mempersiapkan untuk diterbangkan secapatnya.

“Sekarang jenazah semua kru sudah masuk kantong mayat. Insya Allah malam sudah sampai (di Malang), bila tidak ada masalah dengan Boeing pengangkutnya. Untuk tempat pemakaman kami siapkan di TMP, tetapi nanti kembali dipasrahkan kepada keluarga,” kata Djoko, Minggu (18/12).

Sementara saat ditanya terkait kondisi jenazah para korban, apakah masih bisa dikenali atau tidak, Djoko menolak menjelaskan. Pihaknya mengaku belum mendapat kabar secara rinci.

“Kondisi jenazah, kita belum tahu, tapi Insya Allah masih bisa,” tegasnya.

Lanjut Djoko, malam ini Panglima TNI Gatot Nurmantyo bersama Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Agus Supriatna direncanakan juga akan tiba di Malang. Saat jenazah tiba, akan dilakukan upacara militer penyambutan.

Terkait penyebab kecelakaan, kata Djoko, sementara karena cuaca. Tim sedang melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pastinya. “Dugaan awal kemungkinan masih karena cuaca saja,” katanya.

Pesawat tersebut, kata Djoko, dalam kondisi layak terbang dan telah melalui pengecekan sesuai dengan prosedur sebelum berangkat.

Sebelumnya, pesawat Hercules C-130 nomor A 1334 jatuh di Wamena, Papua, Minggu 18 Desember, pukul 06.09 WIT. 13 kru tewas dalam kejadian itu.

Dan 12 kru di antaranya adalah anggota Skuadron 32 Pangkalan TNI AU Abdulachman Saleh. 1 orang lagi adalah penumpang, yakni Pasi Pamud (Pengamanan Udara) Satrad (Satuan Radar) 242 Biak, Kapten (Lek) Roni Pratama. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim