Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jelang Pemilu, Seluruh TPS di Pacitan Kategori Kurang Rawan

Jelang Pemilu, Seluruh TPS di Pacitan Kategori Kurang Rawan

TerasJatim.com, Pacitan – Dalam rangka pengamanan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April mendatang, Kepolisian Resort Pacitan bersama Komando Militer (Kodim) 0801 Pacitan, dan komponen terkait menggelar Apel Pasukan, pada Jumat (22/03/19).

Bertempat di Alun-alun Pacitan, apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh ratusan personel gabungan, baik dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Linmas, Ormas dan lainnya.

Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi, mengatakan, apel digelar dalam meningkatkan sinergitas antara TNI Polri dan komponen bangsa lainnya, serta untuk mewujudkan situasi yang aman, tertib dan damai di Kabupaten Pacitan.

“Setelah gelar apel pasukan ini, nantinya akan dilaksanakan latihan sistem pengamanan kota (Sispamkota) guna melatih personil-personil Polri bersama TNI, Linmas dan komponen bangsa lainnya, dalam menjaga dan mewujudkan tahapan Pemilu yang aman dan damai,” ujarnya, seusai gelar, Jumat (22/03/19).

Sugandi berharap, seluruh personil yang melaksanakan tugas pengamanan TPS, maupun satgas-satgas lainnya yang mendukung operasi mantap brata dapat melaksanakan tugas secara profesional, terukur dan proporsional.

Disinggung soal TPS maupun daerah rawan, Sugandi mengatakan, masih akan memetakan hal tersebut. Dari indeks potensi kerawanan yang telah ditetapkan dari hasil pendataan sebelumnya, bahwa seluruh TPS di Pacitan dalam kategori kurang rawan.

“Data itu masih terus berkembang, oleh karena itu, untuk seluruh anggota yang berada di bawah tetap meng-update data indeks potensi kerawanan. Dengan demikian dapat diketahui TPS-TPS yang berkembang statusnya menjadi kurang rawan, tapi nanti akan kita update dan kita rapatkan dahulu,” terangnya.

Sugandi menambahkan, hingga saat ini, untuk gangguan rawan Kamtibmas tidak ada, karena semua TPS kategori kurang rawan, akan tetapi hanya ada beberapa kerawanan geografis yang kemungkinan tidak bisa di akses dengan menggunakan roda dua. “Tapi tetap kita lakukan pengawalan dan pendampingan logistik surat suara sampai ke lokasi TPS,” imbuhnya.

Menurut Sugandi, jumlah personil yang akan diturunkan dalam pengamanan Pemilu sebanyak 406 untuk pengamanan 1.971 TPS. “Tapi keseluruhan personil yang tergabung dalam mantab brata ini sejumlah 560 personil,” tambahnya.Di tempat yang sama, terkait letak geografis yang sulit dijangkau, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo berjanji akan berupaya mengantisipasi dan memfasilitasi hal tersebut. Seperti halnya saat terjadi keterlambatan maupun lainnya terkait logistik pemilu.

“Kita upayakan, kita suport, kan sudah ada anggarannya dan sudah kita antisipasi. Jadi nanti dari kepala wilayah (camat) dalam hal ini Forkopimca akan mendeteksi upaya hambatan-hambatan itu agar bisa kita tangani dengan baik,” jelasnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim