Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jalan Nasional dan Tol Siap Dilalui, Pemudik Diimbau Bijak Pilih Jalur

Jalan Nasional dan Tol Siap Dilalui, Pemudik Diimbau Bijak Pilih Jalur

TerasJatim.com – Menjelang arus mudi lebaran, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jika kesiapan infrastruktur jalan tol dan non tol pada tahun ini relatif lebih baik dari tahun sebelumnya.

Meski demikian, kelancaran pada saat mudik lebaran tidak hanya ditentukan oleh sarana dan prasarana jalan, namun juga pengaturan lalu lintas dan perilaku pengendara sendiri.

Saat ini kondisi jalan nasional mencapai 90% mantap. Selain itu, jalan tol yang dapat digunakan pada mudik tahun ini, lebih panjang jika dibandingkan dari tahun lalu. Tol dari Merak ke Pasuruan sepanjang 995 kilo meter (km), 760 km telah operasional dan sisanya 235 km telah fungsional.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna mengatakan dengan masa libur yang panjang, para pemudik memiliki kesempatan untuk secara bijak memilih moda transportasi untuk mudik baik jalan, pesawat, dan kereta.

Apabila memilih transportasi jalan, kata Herry, juga terdapat banyak pilihan selain jalan tol yakni jalan arteri nasional baik lintas utara, tengah, dan selatan kondisinya cukup baik. Untuk jalur Pantai Selatan banyak pilihan destinasi wisata pantai yang bisa dikunjungi yang lokasinya tidak jauh dari jalan arteri.

“Para pemudik juga perlu memilih waktu mudik yang tepat, jangan bersamaan dengan puncak mudik. Untuk mendorong distribusi lalu lintas, ada diskon tarif tol pada 13-14 Juni dan 18-19 Juni 2018. Uang elektronik perlu disiapkan. Untuk tarif tol Jakarta-Surabaya saat ini Rp344 ribu. Sementara Bank Indonesia telah menaikkan batas saldo uang elektronik menjadi Rp2 juta,” katanya dalam diskusi Polemik di Radio Trijaya FM dengan tema “Siap-Siap Mudik Asik”, Sabtu (02/06).

Pada ruas jalan arteri nasional, perbaikan Jembatan Cincin Lama atau Widang pada ruas jalan Babat-Lamongan ditargetkan bisa dilalui pada H-10 lebaran.

Untuk jalan nasional di Pulau Jawa telah disiapkan Lintas Utara Jawa sepanjang 1.341 km, Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 km dan Lintas Selatan Jawa sepanjang 1.405 km.

Jalan tol bukan satu-satunya jalur untuk mudik. Pemudik diimbau untuk tidak terlalu euforia menggunakan jalan tol pada saat mudik.

Sementara Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto memprediksi pada arus mudik Lebaran 2018, jumlah masyarakat yang akan menggunakan bus sebanyak 8 juta orang, sepeda motor sebanyak 8,5 juta orang dan mobil pribadi sebanyak 3,72 juta orang.

Sedangkan untuk pembatasan operasional truk diberlakukan mulai H-3 atau tanggal 12-14 Juni 2018 dan 22-24 Juni 2018. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim