Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dua Paslon Pilgub Jatim 2018 Sudah Kembalikan Berkas Perbaikan

Dua Paslon Pilgub Jatim 2018 Sudah Kembalikan Berkas Perbaikan
(Doc:Merdeka)

TerasJatim.com, Surabaya – Dua Pasangan Calon (Paslon) Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jatim 2018, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, telah mengembalikan berkas perbaikan persyaratan calon di kantor KPU Jatim.

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis, M. Arbayanto membenarkan hal tersebut. Menurutnya, dua paslon sudah menyerahkan berkas perbaikan. Dimana Tim Khofifah-Emil mengembalikan pada Sabtu (20/01) pukul 10.00 WIB, sementara Tim Syaifullah Jusuf-Puti Guntur Soekarno, megembalikan pada Jumat (19/01) malam, pukul 20.00 WIB.

“Setelah diteliti satu persatu oleh KPU dan Bawaslu, berkas dua paslon yang mengikuti Pilgub Jatim telah diperbaiki dan KPU sudah memberikan tanda terima perbaikan,” ujarnya, Sabtu (20/01).

Ia mencontohkan, berkas yang diperbaiki oleh tim Syaifullah-Puti dan Khofifah-Emil, yaitu mulai LHKPN, SPT pajak hutang piutang, soal nama di ijazah kedua paslon juga sudah diperbaiki dan dua paslon tersebut juga mendapatkan surat dari pengadilan negeri.

Ia menambahkan, setelah menerima berkas perbaikan pihak KPU akan kembali meneliti berkas perbaikan tersebut sampai 27 Januari 2018.

“Apabila nanti ada berkas atau tidak lengkap penilitian ulang pihak KPU akan memberi “Tidak Memenuhi Syarat (TMS, red)”, namun kami melihat berkas dua paslon tersebut sudah lengkap,” ujarnya.

Sementara, Hikmah Bafaqih, Ketua Tim Pemenangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno mengatakan, tidak ada persyaratan calon yang terlalu sulit untuk dilengkapi. “Saya kira, apa yang ada di PKPU (Peraturan KPU) itu dibuat untuk bisa ditempuh atau dipenuhi oleh pasangan calon yang mau berlaga. Jadi gak ada yang sulit, cuma soal ketepatan waktu saja,” katanya di KPU Jatim.

Sebagian besar berkas Syaifullah Yusuf sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jatim 2018, kata Hikmah, sudah dilengkapi dan tidak menemukan kesulitan berarti. Sedangkan untuk Puti Guntur Soekarno, dia mengakui untuk pelengkapan berkas-berkas persyaratan harus memanfaatkan waktu yang ada dan menurut dia sudah lengkap.

Beberapa persyaratan yang memang harus dipenuhi dan di luar dugaannya adalah Laporan Hak Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikeluarkan oleh KPK. “Tanda terima LHKPN memang semuanya terlambat. Karena sistemnya kan bareng ya. Ternyata baru sekarang kami terima tanda terimanya,”ujarnya.

Terpisah, Hadi Mulyo Utomo, selaku Liaison Officer (LO) paslon Khofifah-Emil mengaku, jika pemilihan hari terakhir untuk menyerahkan berkas karena ada jarak yang cukup jauh untuk menemui keduanya.

“Kesulitan sih gak ada. Cuma antara bu Khofifah dan pak Emil kan jaraknya jauh. Pak Emil di Jakarta, sehingga kita harus pergi pulang ke Jakarta untuk meminta tanda tangan berkas,” ujarnya.

Ia menambahkan ada beberapa berkas yang diserahkan kepada KPU Jatim. Di antaranya keterangan bebas pajak, LHKPN, dan daftar tim kampanye.

Diketahui, batas akhir penyerahan berkas perbaikan syarat calon dalam Pilgub Jatim 2018 ini akan berakhir sampai dengan hari ini (Sabtu, 20/01). Berikutnya KPU Jatim akan melakukan penelitian berkas sampai dengan tanggal 27 Januari 2018, dan ditetapkan pada 12 Februari 2018. (Jnr/Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim